pengertian domain controller

Pengertian Domain Controller

DUNIAWEBSITE.COMPengertian domain controller, sampai kini masih banyak yang belum paham terkait apa yang dimaksud dengan domain controller.

Walau istilah ini umum dan sering muncul dalam kehidupan terutama yang bersangkutan dengan website. Tak jarang sejumlah pihak tidak mengerti dengan istilah domain controller ini. 

Mengingat lagi jika domain kontrol termasuk dalam termin baru yang muncul dalam domain dan hosting. Sehingga banyak yang menyamakan jika domain controller ini ibaratkan polisi yang menjaga efektivitas keduanya. 

Maka dari itu simak berbagai penjabaran terkait dengan domain controller berikut: 

Pengertian Domain Controller 

Demi menjawab pertanyaan apa yang dimaksud dengan domain controller tentu harus paham dulu pengertiannya. 

Ternyata domain controller sendiri merupakan server yang berfungsi untuk merespon berbagai permintaan autentikasi serta verifikasi. Dimana semuanya ini terhubung dalam sebuah jaringan komputer. 

Karena nantinya domain mengatur pengguna serta komputer agar dapat bekerja dalam sebuah jaringan. Hal inilah jadi peran utama dari keberadaan domain controller, yaitu bertugas memastikan semua komponen berjalan semestinya. 

Domain controller dianggap memiliki peranan yang sangat penting dengan penjabaran seperti berikut: 

  • Menyimpan akses. Peran dari keberadaan dari domain controller ini agar dapat menyimpan berbagai akses dalam sebuah jaringan. 
  • Melindungi dari serangan cyber 

Fungsi Domain Controller 

Jika telah paham dengan apa yang dimaksud dengan domain controller, berikutnya masuk pada fungsinya. 

Sebenarnya domain controller memiliki fungsi utama sebagai validasi serta identifikasi. Terutama pada saat pengguna ingin login pada sebuah jaringan komputer. 

Karena pada saat itu pihak domain controller ini akan melakukan pengecekan pada password serta username. 

Sehingga memberikan akses izin serta penolakan izin bagi pengguna yang tidak terdaftar. 

Berikut ini sejumlah penjelasan mengenai berbagai fungsi utama dari domain controller:

1. Merespon untuk Memasuki Server

Fungsi pertama dari keberadaan domain controller adalah merespon izin yang terdiri dari abjad dan huruf unik. Apabila penggunaan tidak mengetahui susunan kode unik, pasti tidak akan bisa menemukan alamat domain. Maka respon agar dapat masuk pada server domain tidak bisa dilakukan.

Pada saat terjadinya kesalahan tersebut lah pihak bermain controller akan memberikan respon pada pengguna. Respon tersebut jika biasa dikirim dalam beberapa pilihan. Salah satunya saat proses login dan permission.

2. Mengatur Keamanan

Agar lebih memahami apa yang dimaksud dengan domain controller sangat erat kaitannya dengan fitur keamanan. Karena keberadaan dokumen controller ini berfungsi sebagai pengatur keamanan dalam pemberian respon. Sehingga peran dari dokumen controller terbilang penting alias sentral untuk keamanan domain. 

Beberapa keamanan yang diatur dengan adanya domain controller ini adalah akun user serta interaksi dengan domain dan user.

Dengan pengaturan tersebut tidak akan ada pihak yang dirugikan pada saat lalu lintas pengguna. Serta tidak membuat aplikasi terhambat saat dijalankan.

3. Memeriksa User

Fungsi selanjutnya dengan keberadaan domain controller ini adalah dapat memeriksa user atau pengguna. Jadi pada saat terjadinya kesalahan saat masuk atau mengakses domain akan langsung tercatat oleh domain controller.

Walau mungkin banyak pengguna yang justru tidak menyadari fungsi ini. Selain itu domain controller juga berhak untuk menolak akses apabila kesalahan terjadi dari pihak user.

Mengingat fungsi keamanan yang dijalankan ini.  Maka dari itu, banyak yang menyebut jika domain controller ibaratkan polisi dari sebuah domain . 

Kesimpulan

Itulah penjelasan terkait apa yang dimaksud dengan pengertian domain controller. Semoga dengan hal ini penggunaan lebih paham mengenai fungsi serta keberadaan dari domain controller.

Serta jangan anggap remeh keberadaan domain controller ini.

BACA JUGA : 3 CARA MENGECEK PEMILIK NAMA DOMAIN
x