Type to search

Pengertian dan Cara Membuat Server Hosting

Dunia Website

Pengertian dan Cara Membuat Server Hosting

Share

Pengertian dan Cara Membuat Server Hosting Sendiri dengan Mudah – Saat kita akan membuat sebuah website, tentu dibutuhkan yang namanya server hosting.

Bagi pemula, membuat server hosting sendiri mungkin cukup merepotkan. Namun sebenarnya seseorang yang tidak memiliki latar belakang pemahaman IT juga bisa melakukannya dengan mudah.

Tentu saja dengan kemauan untuk belajar dan mencoba sehingga bisa berhasil mempraktekkannya. Dengan memahami tentang server.

Maka diharapkan akan semakin menambah skill kita dalam dunia komputer dan website.

BACA JUGA : PERBEDAAN DOMAIN DAN HOSTING

Pengertian Server?

pengertian dan cara membuat server hosting

pengertian dan cara membuat server hosting

Server sama halnya dengan sebuah aplikasi pada komputer. Dalam pengaplikasiannya server tidak boleh dalam keadaan mati agar data yang tersimpan dalam server bisa diakses di internet.

Ini berarti server harus selalu dalam keadaan hidup sepanjang hari. Dalam penerapannya sendiri, server, layanan hosting dan jaringan internet membutuhkan aliran listrik 24 jam penuh.

Hal tersebut karena internet inilah yang mendukung pada penyaluran file ke browser. Server bisa dibuat dan dimaksimalkan secara pribadi dan tidak memerlukan tempat penyimpanan atau data center. 

Data center adalah tempat untuk menyimpan seluruh data yang tersimpan dalam server. Biasanya diletakkan pada ruangan khusus dan tentunya dengan proyek besar memungkinkan adanya hardware spesifikasi tinggi. 

Data center dilengkapi dengan jaringan internet dan listrik yang stabil. Kedua komponen tersebut sangat penting untuk membuat informasi dapat diakses setiap saat.

Dengan demikian maka seseorang bisa menggunakan layanan tersebut.  Membuat server hosting sendiri sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan.

Terdapat banyak provider yang menyediakan layanan hosting. Biasanya provider tersebut akan menyediakan paket hosting yang sangat beragam. 

Namun bagi yang ingin membuat sendiri di rumah, maka perlu memperhatikan beberapa hal yang harus dipenuhi.

Sehingga Anda tidak perlu mencari sebuah layanan hosting, yang tentu saja akan memakan budget yang cukup lumayan.

Namun, yang perlu disiapkan ketika akan membuat hal diatas adalah komputer dengan spesifikasi Pentium 4 atau lebih, speedy internet unlimited, dan lain sebagainya. 

Perlu diperhatikan bahwa spesifikasi baik dari komputer maupun jaringan internet tentu akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dari pembuatan server hosting tersebut.

Semakin bagus komputer dan jaringan internet, maka semakin bagus juga server hosting yang dihasilkan. 

Cara Membuat Server Hosting Sendiri

pengertian dan cara membuat server hosting

pengertian dan cara membuat server hosting

Setelah mengetahui apa itu server, maka selanjutnya masuk ke pembahasan utama yaitu cara membuat server hosting sendiri.

Pembuatan server hosting ini sangat mudah untuk diikuti dan dilakukan oleh pemula. Berikut langkah yang perlu dipraktekkan diantaranya:

  • Masuk Ke IP Address

Pastikan sudah mengetahui no IP Address pengguna. Dan kemudian lanjut dengan melakukan pengaturan modem dengan TP Link agar bisa dibuka Http.

Dan para pengguna akan diminta untuk membuka browser, akan lebih baik jika menggunakan Mozilla Firefox.  Lalu kemudian kunjungi alamat situs yang sudah ditentukan.

Setelah itu pengguna bisa masuk dengan akun dan PW dari modem yang digunakan oleh pengguna. Jika pengguna tidak mengetahui akunnya maka bisa bertanya pada pihak yang memasang speedy itu sebelumnya.

  • Pilih Menu Advance

Jika sudah maka bisa dilanjutkan dengan pilih menu “Pengaturan advanced”. Yang apabila awalnya muncul PVC0 dan NAT dengan status Deactive, maka pengguna bisa mengganti dengan PVC1.

Namun jika PVC1 ini berstatus Deactive maka bisa dengan menekan menu “Pengaturan interface” lalu pilih “PVC1”. 

  • Klik Opsi Aktivasi

Setelah itu silahkan pilih opsi “Aktivasi” dan kembali ke menu “Pengaturan advanced”. Dan kemudian pengguna bisa tekan “Virtual Server”.

  • Setting Pengaturan

Jika hal di atas sudah dilakukan, maka bisa melakukan setting atau pengaturan sesuai dengan data yang sudah ditentukan sebelumnya.

  • Langkah Terakhir

Kemudian step terakhir dalam membuat server hosting sendiri yaitu menyimpannya. Simpan di tempat yang mudah untuk ditemukan agar jika dibutuhkan sewaktu-waktu bisa dengan mudah mencarinya. 

Penutup

Itulah penjelasan mengenai pengertian dan cara membuat server hosting sendiri di rumah dengan sangat mudah dan gampang.

Dan yang perlu diingat kembali bahwa cara ini bisa dilakukan oleh pemula yang belum memiliki cukup pengalaman di bidang IT atau coding.

BACA JUGA : APA ITU SHARED HOSTING
Tags:
admin

Duniawebsite.com merupakan sebuah situs yang menyajikan sebuah berita mengenai dunia website, komputer, aplikasi, digital marketing dan seputar informasi teknologi.

  • 1
x