Type to search

Kekurangan Shared Hosting

Dunia Website

Kekurangan Shared Hosting

Share

Kekurangan Shared Hosting Adalah Hal yang Harus Dipertimbangkan! – Shared hosting menjadi salah satu alternatif yang sangat terkenal.

Hal ini terutama bagi situs web baru., pada dasarnya jenis hosting ini berguna sebagai layanan yang menyediakan resource server.

Yang kemudian akan dipakai bagi beberapa web yang mempunyai servis yang sama. Dan ketika berencana membuat sebuah website.

Hal pertama yang wajib disiapkan adalah hosting. Jenisnya pun beragam, seperti shared hosting. Bagi pemula, jenis tersebut tergolong murah dan menjadi solusi tepat untuk membangun web.

Meski begitu, kekurangan shared hosting adalah hal yang wajib diperhatikan. Hosting bertugas sebagai layanan tempat mengelola aplikasi web dan data situs.

Data yang tersimpan di dalamnya bisa ditampilkan sewaktu-waktu saat diakses pengunjung. Ketika memilih shared hosting, itu pun harus disesuaikan dengan jenis web yang tengah dibangun karena ada sisi kelemahannya. 

Pengertian Shared Hosting 

kekurangan shared hosting

pengertian shared hosting

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai kekurangan shared hosting, lebih baik jika mengetahui dulu apa definisinya.

Shared hosting merupakan salah satu jenis hosting yang mana sistem kerjanya dipakai secara bersama-sama. Satu server yang disediakan provider itu harus dibagi dengan banyak web. 

Siapa yang paling tepat menggunakan shared hosting? Jawabannya adalah para pemilik web pemula. Alasannya karena biaya yang dikeluarkan.

Dan untuk menyewa hosting tersebut tergolong murah, sebab ditanggung bersama. Selain itu, situs baru umumnya belum terlalu tinggi trafficnya

Jika diibaratkan tempat kos, maka shared hosting itu punya beberapa ruang. Hanya saja fasilitasnya digunakan bersama dan berbagi dengan pengguna lain.

Contohnya yaitu berbagi fitur seperti kecepatan dan disk space. Maka akan lebih baik jika kita memahami betul akan pengertian shared hosting sebelum menyewa atau membelinya. 

BACA JUGA : PERBEDAAN DOMAIN DAN HOSTING

Kekurangan Shared Hosting 

Pemilik web yang menyewa shared hosting memang tidak perlu membayar mahal dan bisa lebih fokus membangun situsnya.

Tapi ternyata, ada pula kelemahan yang harus ditanggung di tengah menaikkan traffic website. Dan dibawah ini adalah kekurangan shared hosting sebagai berikut : 

  • Kurangnya Keamanan ke Server 

Kekurangan pertama yang seharusnya menjadi perhatian pemilik web yaitu keamanan yang diberikan shared hosting masih kurang.

Dalam satu server, terdapat ruang yang luas diberikan oleh provider. Dan akibatnya, server sangat rentan dan mungkin disalahgunakan untuk mengakses fitur lain. 

Selain itu, shared hosting juga rawan diserang oleh para peretas. Contohnya seperti adanya script berbahaya yang berjalan pada situs terpisah.

Selain itu, pengguna layanan ini tidak dapat melindungi webnya dengan memasang firewall khusus atau antivirus. 

  • Terbatasnya Kinerja Server

Selanjutnya ini merupakan kekurangan shared hosting yang dirasa paling berdampak. Yang karena server digunakan banyak user, otomatis akan berimbas ke kinerja web lain.

Contohnya yaitu saat satu web memiliki angka kunjungan tinggi, yang situs lainnya memerlukan waktu lama untuk memuat halaman. 

Pemilik web tidak bisa mengaturnya. Oleh karena memang provider tidak memberi ruang yang banyak untuk dapat mengakses server.

Sebagai pengguna shared hosting, kontrolnya dibatasi dan yang memegang kuasa adalah penyedia layanan. 

  • Berpotensi Crush 

Ketika ada banyak web yang menempati satu server, akan sangat mungkin terjadi crush. Ratusan, bahkan ribuan website yang berbagi fasilitas bisa mengakibatkan mesin mengalami kegagalan.

Dampak berikutnya, sistem menjadi crush (kinerjanya terganggu). Terlebih saat beban berat karena traffic yang tinggi. 

  • Terbatasnya Penggunaan Aplikasi Lain 

Dan kekurangan terakhir yang harus diterima pengguna jika memakai shared hosting yaitu tidak leluasa menggunakan aplikasi.

Pemilik web tidak dibebaskan untuk memasang software yang mungkin bisa menunjang situsnya. Apalagi ketika dipasang bersamaan. 

Pengguna shared hosting hanya bisa menggunakan aplikasi yang memang disediakan dan ditawarkan oleh pihak penyedia layanan.

Di samping fasilitas provider, software tidak dapat terpasang. Yang tentunya ini menyulitkan pemilik web, terutama pemula. 

Kesimpulan

Setelah membaca uraian di atas, kekurangan shared hosting adalah hal yang patut dipertimbangkan. Meskipun murah, pengguna tidak memiliki akses leluasa.

Website juga rawan lemot jika user lain mempunyai traffic tinggi. Akibatnya, pengguna internet lebih memilih situs lain yang lebih cepat.

BACA JUGA : CARA KERJA CONTROL PANEL HOSTING SERTA FUNGSINYA
Tags:
admin

Duniawebsite.com merupakan sebuah situs yang menyajikan sebuah berita mengenai dunia website, komputer, aplikasi, digital marketing dan seputar informasi teknologi.

  • 1
x