Type to search

Cara Menambah Partisi Windows 10 di Laptop

Dunia Website

Cara Menambah Partisi Windows 10 di Laptop

Share

Cara Menambah Partisi Windows 10 – Setiap laptop umumnya memiliki partisi hardisk pada komputer yang memiliki kapasitas penyimpanan berbeda-beda.

Terutama pada sistem operasi Windows 10, yang biasanya hanya memiliki satu partisi berkapasitas besar dibandingkan partisi lainnya.

Sementara itu, laptop yang baik pasti memiliki partisi merata. Yang salah satu triknya adalah dengan cara menambah partisi Windows 10 pada laptop pengguna.

Penambahan partisi selain untuk pemerataan kapasitas penyimpanan. Melainkan juga dapat meningkatkan kinerja laptop pengguna menjadi lebih optimal dibandingkan sebelumnya.

Selanjutnya, partisi laptop yang merata pun adalah bentuk langkah sedia payung sebelum hujan. Dan jika suatu saat file yang ada di penyimpanan mengalami error.

BACA JUGA : 5 CARA AMPUH ATASI LAPTOP WINDOWS 10 LEMOT
BACA JUGA : CARA MEMBUAT BARCODE MAPS

Macam-macam Partisi Hardisk

Cara Menambah Partisi Windows 10

Sebelum mengetahui bagaimana cara menambah partisi Windows 10 di bawah, alangkah baiknya pengguna memahami terlebih dahulu apa itu partisi dan macam-macamnya.

Umumnya dapat ditemukan pada Local Disk yang diikuti dengan huruf abjad. Dan berikut ini beberapa jenis partisi hardisk perlu diketahui, yaitu:

  • Partisi utama

Biasanya bernama Local Disk (C:) dan berisikan dengan file aplikasi maupun sistem operasi yang terpasang di laptop. 

  • Partisi tambahan

Memiliki peran serupa dengan partisi utama, namun fungsi utamanya adalah untuk menanggulangi keterbatasan pada hardisk. Kemudian pengguna bisa mengganti nama sesuai keinginan.

  • Partisi penyimpanan

Biasanya berada di dalam partisi tambahan. Pengguna dapat menaruh dokumen apapun di sini. Menariknya, partisi ini tidak akan membuat pengguna kehilangan data. Ketika laptop melakukan penginstalan ulang.

BACA JUGA : CARA MENGETAHUI PASSWORD WINDOWS 10 DENGAN MUDAH

Menambahkan Partisi Menggunakan Disk Management

Cara Menambah Partisi Windows 10

Cara menambah partisi windows 10 dapat melalui dua cara, yaitu melalui Disk Management dan WindowsShell.

Nah, simak langkah bagaimana langkah penambahan partisi melalui cara berikut, yaitu antara lain:

  • Buka Disk Management dengan cara mengetik ‘Computer Management’ pada search box yang terdapat pada taskbar. Dan klik kanan ‘Computer Management’, lalu pilih ‘Run as Administrator.’
  • Setelah Computer Management terbuka, tekan ‘Storage’ lalu tekan ‘Disk Management.’
  • Saat Disk Management terbuka akan terlihat semua partisi yang ada. Jika ingin membagi partisi Local Disk (C:), pengguna dapat mengklik kanan dan klik ‘Shrink Volume’.
  • Lalu setelah menu Shrink C; terbuka, isi kolom ‘Space to Shrink to MB’ dengan angka maksimum yaitu 235223 (setara dengan 235GB) dan tekan ‘Shrink’.
  • Selanjutnya, akan muncul partisi yang masih berkedudukan Unallocated. Maka, pengguna perlu untuk mengklik kanan partisi tersebut dan pilih ‘New Simple Volume’.
  • Jika jendela Wizard sudah muncul, langkah berikutnya adalah klik ‘Next’.
  • Masukkan ukuran volume hard disk yang dikehendaki, lalu tekan ‘Next’ untuk melangkah ke step selanjutnya.
  • Setelah menekan ‘Next’, maka akan muncul menu ‘Assign Drive Letter or Path’. Menu ini berfungsi untuk menentukan huruf drive pada partisi baru yang dikehendaki pengguna. Jika sudah menentukan huruf drive jangan lupa untuk klik ‘Next’ kembali.
  • Tahap selanjutnya, pengguna akan dihadapkan pada menu ‘Format Partition’. Kemudian menu ini bertujuan untuk men-setting partisi baru yang akan digunakan nanti. Lalu baca dengan teliti setiap kolom apakah sudah sesuai dengan keinginan pengguna.
  • Tekan ‘Finish’ jika pengaturan pada format partition sudah sesuai. Selanjutnya partisi baru pun sudah siap untuk digunakan.

Kesimpulan

Cara Menambah Partisi Windows 10

Windows 10

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara menambah partisi Windows 10 pada laptop atau PC.

Perlu diingat bahwa trik ini dapat dilakukan jika ruang penyimpanan pada laptop masih memiliki kapasitas yang cukup lowong.

Jadi, jangan lupa untuk selalu membersihkan kapasitas laptop secara berkala. Hal ini tentu saja akan membantu mempermudah pekerjaan pengguna setiap harinya saat menggunakan laptop.

Maka dari itu, cara-cara diatas bisa Anda praktekkan dengan baik dan benar. Sehingga tidak terjadi kesalahan.

Dan jika Anda ingin memulai bisnis namun bingung harus dimulai dari mana.? Kami melayani jasa pembuatan website yang profesional dengan harga terjangkau.

Baca juga : Cara Memperbaiki Gambar Yang Pecah Di Photoshop

Tags:
admin

Duniawebsite.com merupakan sebuah situs yang menyajikan sebuah berita mengenai dunia website, komputer, aplikasi, digital marketing dan seputar informasi teknologi.

  • 1
x