Type to search

Cara Memperbaiki FD Rusak Tanpa Format

Dunia Website

Cara Memperbaiki FD Rusak Tanpa Format

Share

Cara Memperbaiki FD Rusak Tanpa Format – Flashdisk atau sering disingkat FD merupakan benda yang sangat praktis digunakan.

Yang mana benda tersebut mempunyai fungsi untuk menyimpan berbagai memori dari dokumen, audio bahkan video dengan jumlah besar.

Namun tak jarang terjadi kerusakan sehingga orang biasanya langsung memformat flashdisk. Padahal, banyak cara memperbaiki FD yang rusak tanpa perlu memformat hingga kehilangan seluruh data di dalamnya. 

Seperti benda elektronik pada umumnya, flashdisk juga cukup rentan terhadap kerusakan terutama ketika terlalu sering digunakan.

Kerusakan yang terjadi pada flashdisk, antara lain data dalam flashdisk tidak terbaca, file corrupt, dan lain-lain.

Berbagai kerusakan pada flashdisk dapat disebabkan oleh prosedur penggunaan yang tidak tepat, terserang virus, flashdisk yang kotor, sampai terkena air.

Mudah! Beginilah Cara Memperbaiki FD Rusak Tanpa Format

Cara Memperbaiki FD Rusak Tanpa Format

Flasdisk

Berikut adalah cara mengatasi masalah kerusakan pada flashdisk. 

  1. Meng-install Ulang Driver USB

Cara memperbaiki FD yang rusak yang pertama adalah dengan meng-install ulang driver USB pada menu ‘Panel Control’. Berikut adalah tahapannya: 

  • Pastikan flashdisk telah terpasang di port USB, buka menu ‘Control Panel’ dan klik opsi ‘Hardware and Sound’, kemudian klik opsi ‘Device Manager’. 
  • Jendela ‘Device Manager’ akan muncul, kemudian akan terdapat opsi ‘Universal Serial Bus controllers’. Pilih opsi tersebut kemudian klik kanan dan klik ‘Uninstall’.
  • Cabut flashdisk dari port USB, kemudian restart PC sebelum menggunakan flashdisk kembali. 
  1. Menggunakan Pengaturan Command Prompt

‘Command Prompt’ adalah aplikasi pada Windows yang berfungsi untuk mengirim perintah untuk mengatasi berbagai permasalahan pada Windows. ‘Command Prompt’ dapat digunakan untuk memperbaiki flashdisk yang corrupt. Berikut adalah cara memperbaikinya: 

  • Pastikan flashdisk telah terpasang di port USB lalu buka ‘Command Prompt’ melalui ‘Run’, klik ‘Windows’ + ‘R’ lalu ketik ‘cmd’ pada kolom ‘Open’ dan klik ‘Enter’ untuk membuka aplikasi. 
  • Jendela ‘Command Prompt’ akan muncul, kemudian ketik chkdsk H: /F. Ganti ‘H’ dengan huruf nama flashdisk yang akan diperbaiki. 
  • Buka kembali drive flashdisk. Flashdisk sudah bisa digunakan dan data dapat diakses kembali. 
  1. Menggunakan Pengaturan Dengan Klik Kanan

Klik kanan merupakan cara yang sangat mudah dilakukan untuk memperbaiki flashdisk yang rusak. Langkah ini terbilang cukup simpel bagi para pemula sekalipun, yaitu melalui langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan flashdisk telah terpasang di port USB, lalu buka ‘File manager’ pada PC, kemudian klik kanan pada flashdisk dan pilih opsi ‘Properties’. 
  • Jendela ‘Properties’ akan muncul, kemudian klik tab ‘Tools’. Jendela ‘Check Disk’ akan terbuka, kemudian beri checklist pada tab ‘Automatically fix the system errors’.
  • Lalu, checklist pada tab ‘Scan’. Kemudian ‘klik ‘start’ dan sistem akan running untuk memperbaiki error pada flashdisk. 
  1. Menggunakan Write Protected 

Memperbaiki flashdisk rusak dengan Write Protected dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan aplikasi ‘Command Prompt’. Berikut adalah tata caranya bisa dilakukan: 

  • Pastikan flashdisk telah terpasang di port USB dengan benar, kemudian buka aplikasi ‘Command Prompt’ melalui ‘Run’, klik ‘Windows’ + ‘R’, pada kolom ketik ‘cmd’ dan tekan ‘Enter’ untuk membuka aplikasi. 
  • Ketik perintah ‘List disk’ untuk melihat daftar drive penyimpanan yang terdapat pada PC, kemudian pilih opsi ‘Select Disk 2’. Opsi ini akan tergantung pada urutan flashdisk dalam PC, contohnya adalah Drive A, B, C dan seterusnya. 
  • Ketik perintah dengan format ‘fs=fat32’ atau ‘fs=ntfs’. Lalu klik ‘Exit’ pada jendela.
  • Buka kembali drive flashdisk di file manager. Flashdisk sudah dapat digunakan dengan normal. 

Kesimpulan

Begitulah cara memperbaiki FD yang rusak tanpa format. Apabila kerusakan terlalu parah sehingga cara-cara di atas tidak dapat membantu.

Maka flashdisk harus diformat atau diganti dengan flashdisk baru yang dapat digunakan.

Baca juga : Cara Memperbaiki File Corrupt Di Android

 

[contact-form-7 404 "Tidak ditemukan"]
admin

Duniawebsite.com merupakan sebuah situs yang menyajikan sebuah berita mengenai dunia website, komputer, aplikasi, digital marketing dan seputar informasi teknologi.

  • 1
x