Type to search

Cara Kembalikan File Terhapus Permanen di Laptop Windows 7

Dunia Website

Cara Kembalikan File Terhapus Permanen di Laptop Windows 7

Share

Duniawebsite.com – Cara Kembalikan File Terhapus Permanen di Laptop Windows 7, ini adalah salah satu tips dan cara yang bisa cukup membantu bagi pengguna laptop.

Penggunaan laptop, terutama pada windows 7, kini masih menjadi sebuah rutinitas di setiap lapisan masyarakat. Beberapa file penting disimpan di laptop untuk keperluan masing-masing.

Tentu, apabila file penting hilang atau terhapus, pemiliknya akan panik sekaligus kebingungan mencari file-nya. Tidak perlu khawatir, akan selalu ada cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows 7. 

Beberapa aplikasi ternyata mampu membantu memulihkan file yang terhapus secara permanen.

Salah satu aplikasi yang kerap kali disarankan guna keperluan mengembalikan file yang terhapus permanen yakni Recuva.

Aplikasi ini dapat memulihkan dokumen penting seperti gambar, video, musik, dan jenis file lainnya.

BACA JUGA : 7 CARA KECILKAN UKURAN FILE VIDEO

Cara Kembalikan File Terhapus Permanen di Laptop Windows 7 dalam Sekejap!

Cara Kembalikan File Terhapus Permanen di Laptop Windows 7

Windows 10

Berikut disajikan langkah-langkah menggunakan Recuva untuk mengembalikan file yang terhapus permanen: 

  1. Install Aplikasi Recuva 

Aplikasi Recuva harus diunduh terlebih dahulu di laptop sebelum digunakan lebih lanjut. Tak perlu risau, aplikasi Recuva dapat digunakan secara gratis tanpa dipungut biaya.

Pastikan terlebih dahulu memori penyimpanan di laptop cukup ruang untuk keberadaan aplikasi ini Proses pengunduhan dapat ditunggu selama beberapa saat.

Pastikan juga jaringan cukup lancar untuk mengunduh aplikasi tersebut. 

  1. Buka Aplikasi Recuva di Laptop 

Aplikasi Recuva yang telah terunduh di laptop dapat segera dibuka untuk mengembalikan file yang terhapus. Pastikan aplikasi Recuva dapat berjalan dengan baik di laptop.

Pengguna laptop dapat mengunduh aplikasi Recuva versi lain apabila aplikasi dengan versi sebelumnya tidak dapat diproses. Kecocokan aplikasi dapat disesuaikan dengan versi bit laptop masing-masing. 

  1. Cari Lokasi File Terhapus yang Ingin Dikembalikan 

Lokasi file terhapus harus dicari terlebih dahulu pada aplikasi Recuva. Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows 7 dapat dimulai dengan klik tab bagian atas pada aplikasi Recuva.

Bagian atas tersebut berisi tombol yang dapat digunakan untuk memilih lokasi file yang terhapus secara permanen. Pengguna laptop harus mengingat kembali dimana terakhir kali menyimpan file yang terhapus tersebut. 

  1. Scan untuk Proses Pencarian 

Tombol scan pada aplikasi Recuva dapat di klik untuk memulai proses pencarian file. Proses pencarian ini dapat berlangsung singkat atau bahkan lama tergantung jumlah file serta kapasitas drive-nya.

Proses pencarian file harus ditunggu selama beberapa saat hingga prosesnya selesai. Usahakan untuk tidak berpindah ke aplikasi lain selama proses pencarian dilakukan.

Lakukan 3 Langkah Terakhir Ini 

  1. Pilih File yang Ingin Dikembalikan

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows 7 berikutnya dapat ditempuh dengan pemilihan file.

Beberapa file terhapus yang telah ditemukan saat proses pencarian dapat dipilih sesuai dengan keinginan atau kebutuhan masing-masing.

Pemilihan file dapat dilakukan dengan mencentang seluruh file yang dibutuhkan. Teliti kembali file beserta jenis file sebelum lanjut ke proses selanjutnya. 

  1. Klik Tombol Recover 

Seluruh file yang telah dipilih dapat dipulihkan keberadaannya dengan menekan tombol recover.

Tombol recover yang dimaksud ini terletak di bagian kanan bawah pada aplikasi Recuva. Klik tombol tersebut dan tunggu selama beberapa menit.

Usahakan tetap berada pada tampilan aplikasi Recuva agar proses pemulihan file yang terhapus dapat berjalan dengan lancar. 

  1. Sediakan Lokasi untuk Menyimpan File dan Cek Hasilnya 

File yang telah dipulihkan dapat disimpan di lokasi penyimpanan laptop sesuai dengan keinginan.

Hasil pemulihan file dapat dicek untuk memastikan file dalam keadaan baik atau tidak. Pastikan juga jumlah file yang dipulihkan sesuai dengan kebutuhan.

Apabila masih terdapat file yang belum ditemukan, proses pencarian file menggunakan aplikasi Recuva dapat dilakukan kembali. 

Kesimpulan

Tujuh langkah di atas merupakan cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows 7. Setiap orang wajib untuk menjaga file penting di laptop karena merupakan salah satu hal yang bersifat krusial.

Tak ada salahnya juga untuk mengunduh aplikasi Recuva di laptop. Hal tersebut ditempuh guna mengantisipasi apabila sewaktu-waktu file penting tidak sengaja terhapus.

BACA JUGA : 5 CARA AMPUH ATASI LAPOTOP WINDOWS 10 LEMOT
Tags:
admin

Duniawebsite.com merupakan sebuah situs yang menyajikan sebuah berita mengenai dunia website, komputer, aplikasi, digital marketing dan seputar informasi teknologi.

  • 1
x