apa itu marketplace

Apa Itu Marketplace : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenisnya 

DUNIAWEBSITE.COM Mengenal lebih jauh apa itu marketplace: pengertian, fungsi, manfaat, dan jenisnya, sehingga kita akan lebih paham secara mendetail.

Perdagangan merupakan salah satu bidang bisnis terbesar di dunia yang telah banyak diketahui oleh masyarakat. Mengapa demikian?

Jika kita melihat kembali sejarah, kita akan menemukan bahwa sejak zaman dahulu, manusia telah membangun peradaban mereka melalui perdagangan.

Sejak saat itu, kebudayaan terus berkembang dan dunia terus bergerak maju dengan inovasi yang terus dihasilkan oleh manusia.

Hingga saat ini, manusia hampir tiba di puncak teknologi, yang menyebabkan adopsi metode perdagangan digital yang dianggap lebih efektif dari segi biaya.

Bagaimana mungkin hal ini terjadi? Tentu saja mungkin! Dengan sistem perdagangan online, penjual tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memiliki toko fisik atau membayar karyawan.

Selain itu, mereka tidak perlu menunggu pelanggan selama berjam-jam. Dan cukup dengan menerima notifikasi dari perangkat mereka.

Para penjual akan tahu bahwa ada pembeli yang tertarik dengan barang dagangan mereka.

Apa itu Marketplace?

Secara umum, marketplace adalah tempat di mana pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan transaksi melalui internet. Jika dibandingkan dengan toko fisik, marketplace mirip dengan mall atau department store yang menjual beragam barang secara online.

Istilah “marketplace” sendiri memiliki arti tertentu yang diperoleh dari dua kata “market” dan “place”. “Market” merujuk pada tempat di mana terjadi pembelian dan penjualan.

Sementara “place” merujuk pada lokasi. Ketika digabungkan, istilah tersebut merujuk pada tempat di mana perdagangan terjadi.

Atau dalam arti yang lebih luas, daerah perdagangan yang terletak di dunia digital. Sehingga dengan hal ini kesempatan untuk “go international” semakin terbuka lebar.

Marketplace pertama kali muncul pada tahun 1998 ketika perusahaan mulai menggunakan komputer dan internet untuk bertukar data.

Penting untuk diingat bahwa marketplace berbeda dengan toko online. Hal ini dikarenakan marketplace adalah pihak ketiga yang menghubungkan pembeli dan penjual,

Dan sementara toko online menjual barang secara langsung kepada pembeli. Jika dibandingkan. Sementara itu marketplace seperti tempat di mana sekelompok pedagang berkumpul. Dan toko online hanya berisi satu pedagang saja.

Fungsi dan Manfaat

Jika kita membahas tentang manfaat dari sebuah marketplace, maka secara tidak langsung yang akan kita bahas adalah keuntungan yang diperoleh oleh para pedagang, yang menjual produk di marketplace tersebut.

Karena mereka lah yang memainkan peran utama dalam menyediakan produk dagangan di marketplace tersebut.

1. Jangkauan yang lebih luas

Dengan berjualan di marketplace, para pedagang dapat menjangkau lebih banyak pembeli yang mungkin tidak akan mengunjungi toko fisiknya.

2. Komunitas jual beli yang lebih kompleks

Marketplace juga memungkinkan para pedagang untuk terhubung dengan pembeli yang berasal dari berbagai daerah.

3. Modal dagang yang lebih kecil

Para pedagang tidak perlu memikirkan biaya sewa tempat atau gaji pegawai saat berjualan di marketplace, sehingga modal dagang yang dibutuhkan jauh lebih kecil.

4. Pengelolaan yang lebih mudah

Dengan berjualan di marketplace, para pedagang tidak perlu menunggu pembeli datang ke tokonya, cukup menunggu notifikasi dari platform marketplace untuk menyambut pembeli.

Jenis-Jenis Marketplace

apa itu marketplace

Belanja Online

Tidak semua orang mungkin tahu bahwa marketplace tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, tapi terbagi menjadi 3 jenis yang berbeda.

Dan setiap jenisnya memiliki makna yang berbeda-beda, yaitu:

1. Marketplace Vertikal

Marketplace vertikal adalah tempat di mana pedagang hanya menjual satu jenis barang saja pada lapak online mereka. Misalnya seperti marketplace yang menjual kendaraan seperti sepeda motor atau mobil.

2. Marketplace Horizontal

Marketplace horizontal adalah tempat di mana pedagang menjual beberapa jenis produk yang memiliki keterkaitan yang sama.

Contohnya adalah Zalora, yang menjual berbagai jenis kebutuhan berbusana mulai dari atas kepala sampai ujung kaki, namun tetap memiliki keterikatan yaitu tempat menjual busana.

3. Marketplace Global

Marketplace global adalah tempat di mana pedagang menjual beragam jenis barang mulai dari kebutuhan rumah tangga sampai makanan.

Contohnya adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada.

BACA JUGA : 5 MANFAAT WEBSITE BAGI PERUSAHAAN

Contoh Aplikasi Toko Online di Indonesia

Di Indonesia, selain marketplace raksasa seperti Amazon, eBay, Alibaba, dan Aliexpress, terdapat juga beberapa marketplace lokal yang menyediakan produk baik lokal maupun internasional. Beberapa diantaranya adalah:

1. Shopee

Shopee adalah platform marketplace yang populer di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

Keunggulannya adalah elemen mobile yang dibangun sesuai dengan konsep perdagangan elektronik modern, sehingga pengguna dapat dengan nyaman dan fleksibel menggunakannya sebagai tempat jual beli.

2. Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu marketplace yang paling terkenal di Indonesia. Sejak diluncurkan pada tahun 2009. Dan tokopedia telah banyak mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Yang di dalam memasarkan produk mereka di seluruh wilayah Indonesia.

3. Bukalapak

Bukalapak awalnya merupakan toko online yang memungkinkan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menjual produk mereka secara online.

Menurut survei pada tahun 2019, Bukalapak memiliki lebih dari 4,5 juta pedagang online dengan 70 juta pengguna aktif per bulannya, ditambah 1,9 juta mitra warung. Rata-rata terdapat 2 juta transaksi yang berlangsung per hari.

Kesimpulan

Sebuah marketplace merupakan salah satu hasil dari perkembangan perdagangan yang diciptakan manusia untuk mempertahankan peradabannya dalam lika-liku dunia yang terus berubah.

Dengan era digital yang kini sedang berkembang, maka cara pandang hidup kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari pun terpengaruh.

Hal ini menyebabkan para pedagang Indonesia perlu mempertimbangkan untuk mengubah cara dagang mereka menjadi lebih modern dan fleksibel agar tetap dapat bertahan dengan perkembangan yang terus maju.

Sekian pembahasan singkat mengenai Apa Itu Marketplace, pengertian, fungsi, manfaat, dan jenis-jenis marketplace. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

BACA JUGA : CARA BAYAR TOKOPEDIA PAKAI APLIKASI DANA DENGAN MUDAH

x