Type to search

7 Penyebab HP Panas dan Boros Baterai serta Cara Mengatasinya

Dunia Website

7 Penyebab HP Panas dan Boros Baterai serta Cara Mengatasinya

Share

7 Penyebab HP Panas dan Boros Baterai – Handphone atau hp merupakan alat komunikasi yang di dalamnya terdiri dari beberapa komponen elektronik.

Mengetahui fakta tersebut, maka memang normal jika HP dapat mengeluarkan panas. Namun apabila HP mengeluarkan panas berlebih dan disertai pemborosan daya baterai bisa saja menandakan adanya masalah pada HP tersebut.

Hal terpenting mengetahui penyebab HP panas dan boros baterai untuk dapat segera mengatasinya. 

Banyak faktor yang menyebabkan HP menjadi panas dan boros baterai. Beberapa penyebab HP panas paling sering diakibatkan oleh masalah software.

Namun terkadang masalah ini juga dapat ditimbulkan oleh perangkat keras (hardware), suhu ruangan, dan juga kelalaian pengguna sendiri.

BACA JUGA : PENYEBAB HP MENDADAK MATI

7 Penyebab HP Panas dan Boros Baterai serta Cara Mengatasinya

penyebab hp panas dan boros baterai

penyebab hp panas dan boros baterai

Untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dan cara mengatasinya, mari simak ulasan berikut ini. 

  • Banyak Aplikasi yang Dijalankan 

Ketika sudah selesai menggunakan sebuah aplikasi dan berpindah ke aplikasi lain kebanyakan orang tidak menutup aplikasi sebelumnya.

Dengan begitu, akan ada banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Hal tersebut dapat membebani kinerja HP dan membuatnya menjadi lebih panas dan boros baterai.

Tutup aplikasi yang sedang tidak digunakan untuk mengurangi beban kinerja pada HP. 

  • Menyalakan Setelan yang Tidak Digunakan 

Ketika menggunakan HP terkadang akan banyak setelan yang menyala terus dan tidak dimatikan meski tidak sedang digunakan. Beberapa setelah yang sering lupa dimatikan adalah Bluetooth, GPS, Wi-Fi, atau data seluler.

Dengan setelan yang menyala semua, bisa saja menjadi penyebab HP panas dan boros baterai. Alangkah lebih baik matikan beberapa setelan tersebut jika tidak sedang digunakan. 

  • Terdapat Malware 

Malware adalah perangkat lunak yang biasanya bersifat merusak perangkat elektronik, salah satu jenis malware adalah virus.

Biasanya HP dapat terkena malware ketika berselancar di internet dan membuka suatu website tertentu atau juga karena memasang aplikasi dari pihak luar.

Oleh karena itu, lebih baik berhati-hati saat membuka suatu situs atau mengunduh aplikasi yang dirasa mencurigakan.

  • Kerusakan Baterai

Adanya kerusakan pada baterai tentu akan mempengaruhi performa dari baterai itu sendiri, termasuk borosnya konsumsi daya pada baterai.

Banyak hal yang dapat merusak baterai seperti melakukan pengisian terlalu lama. Di saat daya sudah penuh dianjurkan untuk segera menghentikan pengisian daya.

Namun beberapa HP saat ini sudah memiliki fitur untuk mengatasi hal tersebut.

  • Bawaan Spesifikasi HP

Pada dasarnya setiap tipe HP tersusun dari jenis dan kualitas komponen yang berbeda. Salah satu komponen yang dapat mempengaruhi suhu HP adalah prosesor.

Terdapat beberapa tipe prosesor yang memiliki efek samping overheating atau menghasilkan panas berlebih. Maka dari itu, penting untuk mengetahui terlebih dahulu spesifikasi HP yang dimiliki sebelum membelinya.

Baiknya lebih detail lagi mencari informasi mengenai spesifikasinya, sebelum menentukan apakah HP tersebut memang sangat layak dan banyak peminatnya.

  • Digunakan Saat Dalam Pengisian Daya

Banyak yang menganggap remeh hal ini. Ketika HP sedang melakukan pengisian daya maka akan ada aktivitas arus listrik yang masuk ke dalam handphone atau smartphone.

Jika HP digunakan saat masih dalam pengisian daya maka akan meningkatkan aktivitas arus dalam komponen HP, sehingga membuatnya menjadi sangat panas. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat memperpendek usia baterai.

  • Terpapar Panas Secara Langsung 

Salah satu penyebab yang sering tidak diperhatikan adalah terpaparnya handphone dari panas secara langsung. Panas pada HP tidak hanya berasal dari dalam itu sendiri, bisa juga diakibatkan oleh sumber panas dari luar.

Sebaiknya hindari suhu ruangan atau jauhkan apa pun di sekitar HP yang menyebabkan suhu di sekitarnya menjadi 90-100 derajat Fahrenheit. 

Kesimpulan

Demikian beberapa penyebab HP panas dan boros baterai. Ternyata HP panas dan boros baterai juga mengindikasikan bahwa HP sedang memiliki masalah.

Dan pasti  akan berdampak lebih serius kedepannya jika tidak segera diatasi. Untuk menjaga performa HP, perawatan dan pengecekan harus sering dilakukan.

Semoga dengan mengetahui beberapa penyebab di atas dapat menghindari masalah yang lebih serius pada HP.

BACA JUGA : 7 PENYEBAB BATERAI HP CEPAT HABIS
Tags:
admin

Duniawebsite.com merupakan sebuah situs yang menyajikan sebuah berita mengenai dunia website, komputer, aplikasi, digital marketing dan seputar informasi teknologi.

  • 1
x