Type to search

7 Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak digunakan Terus-Menerus

Dunia Website

7 Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak digunakan Terus-Menerus

Share

7 Penyebab Baterai HP Cepat Habis – Zaman sekarang, HP merupakan benda yang esensial. HP mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Oleh karenanya, baterai HP yang mudah habis, tentunya dapat menghambat aktivitas pengguna. Normalnya, baterai HP akan berkurang saat pemakaian. Namun, terkadang ketika layar HP mati, baterai pun tetap ikut terkuras. Ternyata, ada beberapa penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan secara berkala.

Secara umum, semakin besar kapasitas baterai, maka semakin lama daya tahannya. Namun, kadang persentase baterai bisa berkurang cepat sekali. Misalnya, yang awalnya 80% tersisa hingga 30% saja dalam waktu 5 jam. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi performa HP. Jika dibiarkan secara terus-menerus, selain mengganggu kenyamanan pengguna, HP akan lebih cepat mengalami kerusakan.

7 Penyebab Baterai HP Cepat Habis

1. Aplikasi yang Ter-install Terus Berjalan di Background

Salah satu penyebab baterai cepat habis adalah aplikasi yang terinstall tetap berjalan di background meskipun HP sedang tidak digunakan. Aplikasi seperti WhatsApp, email, media sosial ataupun lainnya menghabiskan daya yang cukup besar meski tidak digunakan secara aktif. Hal ini dikarenakan beberapa aplikasi tersebut harus melakukan sejumlah hal di background agar tetap beroperasi.

2. Kondisi Baterai HP yang Memburuk

Baterai merupakan komponen penting dalam sebuah HP. Baterai yang cepat terkuras padahal HP dalam kondisi baru, memungkinkan baterai HP tersebut dalam kondisi tidak bagus. Jika kualitasnya buruk, maka akan mengganggu performa HP secara optimal. Jika demikian, baterai perlu segera diganti dengan baterai yang original dan sesuai standar perangkat. Hindari penggunaan baterai non-original atau palsu.

3. Fitur GPS, WiFi, Data Seluler dan Bluetooth yang Aktif Secara Terus Menerus

Fitur GPS, WiFi dan Data Seluler membutuhkan koneksi internet yang kencang. Hal ini membuat daya baterai yang diperlukan oleh HP semakin besar. Jika sering menggunakan fitur tersebut, tentunya baterai HP akan terkuras dengan cepat. Selain itu, pengaktifan fitur tersebut secara terus-menerus membuat HP lebih cepat panas. Jika tidak dibutuhkan, alangkah baiknya dimatikan saja fitur tersebut.

4. Aplikasi yang Terpasang Memakan Banyak Baterai

Ketika layar HP dalam keadaan mati, aplikasi-aplikasi tertentu masih berjalan tanpa disadari. Aplikasi ini akan menguras daya tahan baterai karena memakan memori (RAM). Apalagi jika aplikasi yang terpasang cukup banyak dan kondisi baterai HP yang sudah tidak optimal lagi. Maka dari itu, gunakanlah aplikasi yang memang dibutuhkan, sehingga penggunaan baterai bisa lebih hemat.

3 Penyebab Yang Umum

1. HP dalam Keadaan Panas

Alasan lain penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan yaitu HP dalam keadaan panas. Ketika HP dalam kondisi panas, tanpa disadari dapat menurunkan kapasitas baterai HP. Hal ini bisa terjadi saat baru selesai bermain game, sehingga menyebabkan panas yang dihasilkan oleh HP belum sepenuhnya keluar. Meskipun HP dalam kondisi stand-by, baterai dapat terkuras secara terus-menerus.

2. HP Sulit Menangkap Sinyal

Saat berada di wilayah dengan kondisi sinyal yang tidak bagus, dapat membuat baterai HP terkuras lebih cepat. Mengapa terjadi demikian? Alasannya yaitu, HP akan bekerja lebih banyak untuk mencari sinyal dari menara pemancar seluler. Hal ini tentunya akan memakan banyak baterai HP dan baterai akan lebih cepat habis meski dalam kondisi layar mati.

3. Tingkat Kecerahan Layar yang Terlalu Tinggi

Fitur pengaturan tingkat kecerahan layar pada HP, memang memudahkan pengguna ketika berada di tempat terang atau gelap. Namun, penggunaan HP dengan tingkat kecerahan yang tinggi, akan lebih cepat menghabiskan baterai. Alasannya, ponsel akan menyerap banyak daya baterai sehingga lebih boros penggunaannya. Untuk menyiasatinya, pengguna dapat menyalakan fitur automatic pada control bar kecerahan layar.

Kesimpulan 7 Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Itulah 7 alasan penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan secara terus-menerus. Para pengguna HP sebaiknya menghindarinya penyebab tersebut, supaya dapat mencegah baterai HP tetap optimal. Penggunaan yang efektif tentunya dapat mempertahankan performa HP dan tidak ada komponen perangkat yang rusak, sehingga perangkat dapat bertahan lama.

admin

Duniawebsite.com merupakan sebuah situs yang menyajikan sebuah berita mengenai dunia website, komputer, aplikasi, digital marketing dan seputar informasi teknologi.

  • 1
x