Type to search

5 Fungsi Optical Time Domain Reflectometer

Dunia Website

5 Fungsi Optical Time Domain Reflectometer

Share

Duniawebsite.com – 5 Fungsi Optimal Time Domain Reflectometer, bagi seorang teknisi fiber optic tentu tidak asing lagi dengan OTDR atau optical time domain reflector.

Dimana, dalam penggunaan alat tersebut adalah membantu teknisi untuk mengetahui suatu kabel layak atau tidak. Serta fungsi optical time domain reflectometer penting dalam pendeteksian kerusakan. 

Oleh sebab itu, para teknisi perlu mengetahui beberapa fungsi tersebut dalam mempermudah pekerjaannya. Untuk lebih jelasnya, simak pengertian, fungsi, serta cara kerjanya berikut ini: 

Apa itu Optical Time Domain Reflector? 

OTDR merupakan suatu alat berupa optoelektronik yang dipakai untuk mengukur parameter-parameter. Misalnya Panjang, pelemahan atau attenuation, penyambung serta kehilangan pencerai di dalam sistem telekomunikasi serat optic. 

Umumnya OTDR ini terdiri dari beberapa bagian yang saling berkesinambungan dalam menghasilkan kinerja sesuai fungsinya. Adapun bagian tersebut yakni CPU, modul akuisisi data, satu sumber optik, dan receiver atau penerima. 

Selain itu, ada layar monitor dan juga media penyimpanan data. Dalam cara kerjanya untuk menghasilkan suatu informasi mengenai layak atau tidaknya suatu kabel, akan ada bagian yang dianalisis. Dalam hal ini, yakni jarak insertion loss, dan reflection. 

Nantinya, loss tersebut akan muncul pada tiap titik, yang kemudian OTDR akan menayangkannya di monitor. Dengan begitu, teknisi akan dapat membaca mengenai informasi yang terlihat tersebut.

Kemudian dapat menyimpulkan mengenai kabel yang telah dianalisa tersebut. 

Fungsi Optical Time Domain Reflector 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya mengenai fungsi dari OTDR yakni untuk dapat mengetahui mengenai kabel yang akan digunakan.

Biasanya hal tersebut digunakan para teknisi untuk mengetahui apakah kabel tersebut rusak atau masih layak. Berikut ada beberapa fungsi OTDR yang perlu diketahui: 

  1. Dapat Mengukur Loss Pada Satuan Panjang 

Fungsi OTDR yang pertama adalah dapat mengukur loss dalam satuan Panjang. Cara kerjanya, yakni loss yang ada ketika instalasi kabel mengasumsikan redaman fiber optic.

Dimana hal tersebut akan sesuai dengan loss per satuan Panjang dari kabel yang dianalisa tersebut. 

  1. Dapat Mengukur Redaman

Selanjutnya penggunaan OTDR ini akan dapat melakukan pengukuran terhadap redaman yang ada dalam kabel yang di deteksi tersebut.

Dengan begitu, seseorang akan mengetahui ketidaknormalan dari kabel tersebut. 

Biasanya ketidaknormalan tersebut bisa berupa benda atau bengkokan yang terjadi. Bisa juga adanya beban yang tidak diharapkan. 

  1. Dapat Melakukan evaluasi 

Fungsi optical time domain reflector juga dapat digunakan untuk melakukan suatu evaluasi. Hal tersebut dilakukan pada sambungan serta konektor ketika dilakukan instalasi. 

Evaluasi tersebut, akan memastikan mengenai redaman sambungan dan konektor masih bisa layak atau tidak. Dapat pula menganalisa mengenai gangguan atau kerusakan yang terjadi di dalam kabel atau fiber optic. 

  1. Dapat Mendeteksi Keunggulan kabel 

Selain untuk mengetahui mengenai kesalahan maupun ketidaknormalan dari fiber optic yang dideteksi tersebut. OTDR juga berfungsi untuk mengetahui akan keunggulan dari kabel. 

Nantinya, Analisa yang muncul dalam monitor akan menampilkan informasi kabel, yang perlu dianalisa. Dengan begitu, seseorang akan tahu akan keunggulannya. 

  1. Fault Location 

Memakai OTDR juga akan memudahkan seseorang atau teknisi mengetahui letak dari ketidaknormalan yang ada. Untuk caranya yakni dengan menganalisa atau melihat jarak end of fiber. 

Apabila jaraknya kurang dari jarak yang sebenarnya. Maka sudah dipastikan bahwa jarak salah tersebut merupakan adanya indikasi dari ketidaknormalan. 

Cara Kerja Optical Time Domain Reflector 

Setelah mengetahui mengenai fungsi optical time domain reflector diatas. Nah, selanjutnya mengenai cara kerja dari OTDR, sehingga dapat menampilkan sesuai fungsi dari OTDR tersebut.

Adapun, berikut urutan mekanisme kerja OTDR: 

Memasukkan Sinyal

Pertama, OTDR akan memasukkan sinyal cahaya ke fiber optic.

Memantulkan Cahaya Ke Receiver

Lalu, sebagian cahaya akan dipantulkan kembali, lalu diterima oleh receiver.

Menghitung Jarak

Berikutnya, sinyal yang balik akan dianggap loss. Nah, waktu tempuh yang dibutuhkan sinyal tersebut adalah untuk menghitung jarak. 

Penutup

Itulah tadi mengenai 5 fungsi dari optimal time domain reflectometer atau OTDR  yang berguna para teknisi. Ada beberapa fungsi yakni evaluasi, pendeteksian ketidaknormalan, keunggulan dan lainnya.

Tentunya, hal tersebut di dapat dari cara kerja OTDR yang rapi dan baik.

Baca Juga : Fungsi Domain .Com

Tags:
admin

Duniawebsite.com merupakan sebuah situs yang menyajikan sebuah berita mengenai dunia website, komputer, aplikasi, digital marketing dan seputar informasi teknologi.

  • 1
x