Type to search

5 Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot, Dijamin Berhasil!

Dunia Website

5 Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot, Dijamin Berhasil!

Share

5 Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot, Dijamin Berhasil Laptop yang lemot seringkali menghambat pekerjaan. Untuk itu pengguna laptop harus mengetahui cara memperbaiki laptop yang lemot dengan benar.

Namun sebelum memperbaiki, pengguna harus mengetahui terlebih dahulu penyebab laptop menjadi lemot. Biasanya, laptop yang lemot disebabkan oleh usianya yang sudah lama, virus, program yang terlalu berat. Sehingga berbagai permasalahan harddisk. 

Untuk mengatasinya, pengguna bisa menggunakan berbagai cara. Tentu saja cara ini bisa membantu jika sewaktu-waktu laptop mengalami penurunan dalam kinerjanya. Yuk, disimak apa saja cara-caranya!

5 Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot

  1. Menghapus File atau Aplikasi yang Sudah Tidak Diperlukan 

Banyaknya aplikasi yang terinstal tentu akan mempengaruhi kinerja dari laptop, terlebih jika laptop yang digunakan memiliki RAM yang kecil.

Untuk itu, aplikasi yang sudah tidak lagi diperlukan harus segera dihapus supaya beban kerja laptop berkurang. 

File yang sekiranya sudah tidak lagi dibutuhkan juga dapat segera dihapus agar dapat memberikan ruang yang kosong pada harddisk. Dengan begitu, kinerja dari laptop bisa dengan cepat membaik. 

  1. Menginstal Aplikasi Antivirus 

Jika laptop tiba-tiba mengalami kelambatan, bisa jadi laptop sedang terinfeksi virus. Maka dari itu, sangat penting bagi pengguna laptop dengan windows jenis apapun untuk menginstal aplikasi antivirus. 

Install aplikasi antivirus dengan kualitas terbaik agar dapat secara maksimal membersihkan virus pada laptop. Selain itu, pengecekan antivirus harus dilakukan secara rutin karena virus bisa menyerang kapan saja.

  1. Menghapus Shortcut pada Desktop 

Pintasan yang terlalu banyak pada desktop ternyata juga berpengaruh terhadap performa laptop. Untuk itu, hapus semua pintasan yang ada pada desktop kecuali pintasan recycle bin.

Namun, tidak perlu khawatir karena semua perangkat lunak tersebut tetap bisa diakses melalui fasilitas search yang ada pada pojok kiri bawah desktop.

Cara untuk menghapusnya bisa dengan mem-blok semua atau sebagian pintasan yang ingin dihapus, lalu klik hapus.

2 Langkah Selanjutnya

  1. Menambah Kapasitas RAM 

Cara memperbaiki laptop yang lemot bisa dengan menambah kapasitas RAM, tetapi cara ini bisa dikatakan cukup rumit.

Sebelum meng-upgrade, perlu melakukan pengecekan pada laptop apakah mendukung peningkatan memori atau tidak.

Lalu, jika mendukung perlu memastikan adanya tambahan slot pada RAM, menentukan kapasitas ukuran, dan jenis RAM. Namun, jika dirasa kesulitan menambah RAM fisik, bisa diganti dengan virtual memory.

Ukuran RAM yang terlalu kecil tentu akan sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop. Biasanya ukuran RAM bawaan laptop berkapasitas antara 2 sampai 4 GB.

Dan sedangkan untuk kelancaran dalam pengoperasian perangkat lunak diperlukan kapasitas sampai 8 GB. Maka dari itu, perlu penambahan kapasitas RAM sekitar 4 GB. 

  1. Membersihkan Sampah Laptop 

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk membersihkan sampah laptop yaitu dengan membersihkan folder temp (temporary file).

Sebenarnya temporary file ini memiliki peran yang cukup berguna yaitu bisa mem-back up data untuk sementara.

Contohnya, jika pengguna laptop lupa menyimpan suatu dokumen, maka temporary file dapat membantu memulihkan data sehingga tidak perlu membuat lagi dari awal. 

Namun, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama temporary file dapat menyebabkan kurangnya lokasi penyimpanan pada laptop.

Ruang yang seharusnya dapat untuk menyimpan file baru, ternyata sudah dipenuhi oleh temporary file. Maka dari itu, temporary file perlu dihapus untuk kelancaran performa pada laptop. 

Kesimpulan

Nah, itulah tadi penjelasan tentang 5 cara memperbaiki laptop yang lemot yang terbukti ampuh dalam memperbaiki.

Dan cara-cara di atas dapat dijadikan alternatif jika pengguna laptop mengalami kesusahan diwaktu yang mendesak.

Akan tetapi apabila tidak berhasil, ada baiknya segera bawa laptop ke service center supaya tidak menimbulkan kerusakan pada fungsi lainnya.

BACA JUGA : 5 CARA AMPUH ATASI LAPTOP WINDOWS 10 LEMOT
Tags:
admin

Duniawebsite.com merupakan sebuah situs yang menyajikan sebuah berita mengenai dunia website, komputer, aplikasi, digital marketing dan seputar informasi teknologi.

  • 1
x