tips membangun email marketing untuk bisnis

Tips Membangun Email Marketing untuk Bisnis

DUNIA WEBSITE – Mungkin tips membangun Email marketing untuk bisnis bisa Anda jadikan sebagai refensi untuk mengembangkan bisnis Anda.

Di masa sekarang ini, segala sesuatu seperti bidang pemasaran sudah mengalami berbagai perkembangan dikarenakan adanya teknologi dan internet.

Salah satu Teknik pemasaran yang bisa dilakukan adalah dengan email marketing, Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi ini Anda bisa melakukan Tips Membangun Email Marketing untuk Bisnis yang efektif untuk bisnis Anda.

Email marketing memang menjadi salah satu Teknik marketing yang digunakan berbagai perusahaan untuk berbagai tujuan seperti melakukan promosi, memberikan informasi,melakukan call to action dan lainnya.

Oleh karena itulah untuk Anda yang ingin atau sudah memiliki bisnis tentu wajib mengenali berbagai seluk beluk mengenai penggunaan email marketing dengan benar dan efektif.

Tips Membangun Email Marketing untuk Bisnis: Pengertian dan Cara Membuatnya

Inilah Tips Membangun Email Marketing untuk Bisnis tentu diperlukan agar email marketing yang Anda buat bisa lebih efektif dalam menjangkau pelanggan Anda, berikut pembahasannya:

Apa Itu Email Marketing

tips membangun email marketing untuk bisnis

Email Marketing

Sebelum masuk ke Tips Membangun Email Marketing untuk Bisnis tentu Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu email marketing.

Jadi email marketing ini merupakan pesan elektronik yang isinya adalah pesan yang dikirimkan untuk pelanggan atau calon pelanggan yang mana isinya berisi sebuah pesan atau konten iklan. 

Isi pesan dapat berupa informasi mengenai produk, event, ataupun promo yang sedang ditawarkan saat ini. Pengiriman email tersebut dilakukan oleh pebisnis agar selalu dapat terhubung dengan pelanggan atau calon pelanggan dengan lebih personal dan profesional. 

Tidak cuma itu, email marketing juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan juga untuk konversi penjualan.

Walaupun isinya mengenai pesan komersial, namun bukan berarti pesan tersebut termasuk dalam jenis spam.

Namun bukan juga bukan seperti email personal layaknya yang Anda gunakan sehari – hari. Email komersial ini ada diantara pertengahan antara kedua jenis email tersebut.

Email marketing ini digunakan oleh berbagai perusahaan, pengusaha dan sejenisnya karena memang bisa membantu dalam urusan marketing perusahaan.

Oleh karena itulah email marketing menjadi sesuatu yang harus dimiliki karena memang menjanjikan

Apalagi di era sekarang ini yang semuanya sudah dilakukan secara digital tentu penggunaan email marketing ini semakin massif dan banyak dipakai.

Bahkan keberadaan dari media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan sejenisnya belum dapat menggeser keberadaan email marketing ini

Email marketing ini jugad penting dikarenakan mempunyai potensi untuk menggaet konsumen baru dengan lebih besar daripada yang lain.

Berdasarkan dari WBR Digital, keberhasilan akuisisi konsumen baru dengan email marketing dapat mencapai 81%, angka tersebut tentu jelas lebih besar daripada media sosial marketing yang hanya memiliki persentase 51%.

Jenis pemasaran dengan email marketing berbeda dengan social media marketing yang dapat menjadikan orang langsung mengomentari produk yang disuguhkan.

Apabila dari segi membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen, email marketing lebih pas untuk digunakan.

BACA JUGA : CARA MEMBUAT CV YANG MENARIK DI WORD

Cara Membuat Email Marketing

tips membangun email marketing untuk bisnis

Membuat Email Bisnis

Untuk cara membuat email marketing ini tidak sulit kok, berikut Langkah membuat email marketing untuk pemula.




1. Menentukan Email Marketing Tools Yang Tepat

Untuk membuat email marketing, hal pertama yang Anda lakukan adalah memilih dan berlangganan email marketing tools. Hal ini dilakukan agar Anda tidak perlu lagi mengirim email satu persatu, dan Anda bisa mengirim banyak email sekaligus. Tidak cuma itu, fitur email marketing tools juga memiliki berbagai fitur lain macam Template, Manajemen contact, dan juga fitur tracking email.

2. Mengumpulkan Daftar Kontak

Apabila sudah menentukan email marketing tools, Langkah berikutnya adalah coba kumpulkan kontak yang nantinya dikirimi email.

Sebenarnya ada berbagai cara untuk mengumpulkan kontak yang bisa Anda lakukan memang memperoleh kontak bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan mudah.

Namun ada juga cara yang tidak disarankan untuk dilakukan seperti pembelian daftar email, karena para penerima email akan merasa memberikan tidak pernah memberikan emailnya dan bisa jadi email yang dikirimkan justru ditandai sebagai spam oleh mereka. 

Ada baiknya Anda mengirim email dengan jumlah kontak yang sedikit dibanding harus mengirim ke khalayak yang pada dasarnya tidak mengenal dan mengetahui bisnis Anda.

3. Membuat Email Dengan Menarik 

Buatlah email marketing Anda dengan desain semenarik mungkin. Manfaatkan template email yang sudah tersedia dari email marketing tools.

Yang alah satu kelebihan dari memakai Mail Target adalah semua desain yang sudah dibuat bisa disimpan di Template Manager dan dapat untuk di copy kapanpun.

4. Menulis konten email

Tujuan terpenting dari email adalah agar subscriber memahami informasi yang ada. namun, membuat konten yang persuasif tidak bisa dilakukan dengan sekali saja.

Kemudian dibutuhkan proses latihan agar dapat membuat konten email agar lebih persuasif.

5. Mengecek pengiriman email

Apabila email sudah didesain dengan menarik dan sudah siap dikirim, berikutnya coba ada kirim email sebelum mengirimnya ke subscriber Anda.

Hal itu dilakukan untuk memastikan apakah masih terdapat kesalahan atau kekurangan pada email yang Anda buat.

Dan juga melihat apakah email yang dikirimkan akan masuk spam atau tidak. apabila semua telah sempurna, barulah Anda siap mengirimnya.

6. Mengirim email

Kunci utama dalam mengirimkan email adalah timing. Lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kapan waktu yang pas untuk mengirim email.

Selain riset, Anda juga harus melakukan trial and error untuk menentukan waktu pengiriman email yang pas dengan subscriber Anda.

Apabila sudah memperoleh waktu yang tepat, pastikan agar selalu konsisten saat mengirim email.




Tips Membangun Email Marketing untuk Bisnis

tips membangun email marketing untuk bisnis

Email

Apabila email sudah selesai dibuat, tentu Anda perlu tahu Tips Membangun Email Marketing untuk Bisnis yang efektif seperti dibawah ini:

1. Membuat Pesan yang Bersifat Personal

Buatlah konten email marketing yang relevan serta dibutuhkan oleh pelanggan. Maka dari itu Anda diharuskan mengumpulkan data atau informasi pelanggan yang menjadi target. Anda harus memposisikan diri Anda sebagai calon pelanggan yang akan memperoleh email tersebut

2. Tidak Selalu Tentang Promosi

Email marketing yang dikirimkan ke pelanggan tidak selalu tentang promosi produk Anda. Tapi kirimkan email juga untuk menjaga hubungan yang dengan pelanggan. Tujuannya adalah mempertahankan loyalitas mereka pada brand Anda.

3. Membuat Call To Action

Anda juga perlu memasukkan call-to-action untuk mendorong orang yang sudah membaca email Anda mengambil tindakan. Call-to-action haruslah jelas.

Hal itu dapat berupa ajakan agar yang mendapatkan email melakukan download, merespon penawaran Anda atau untuk melakukan pendaftaran pada suatu hal yang diadakan oleh Anda.

4. Jangan Melakukan Spam

Bisa saja pelanggan jadi merasa kesal jika menerima email marketing Anda terlalu sering. pakai fitur frequency capping untuk membatasi jumlah email yang akan didapatkan pelanggan dalam waktu tertentu.

Anda pun dapat mengatur jumlah yang Anda mau agar tidak mengirimkan email terlalu berlebihan.

5. Isi Email Singkat dan Jelas

Jangan pernah sekali-kali Anda membuat email bisnis yang meminta perhatian pembacanya dalam waktu yang terlalu lama.

Walau apa yang Anda sampaikan itu penting dan pasti dibutuhkan oleh para pembaca Anda, sebisa mungkin buatlah email Anda singkat padat dan jelas.

BACA JUGA : CARA LOGIN KREDIVO NOMOR HILANG TANPA OTP




Rekomendasi Aplikasi Email Marketing

rekomendasi email marketing

Gmail

Sekarang ini sudah ada berbagai pilihan platform email marketing gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Berikut diantaranya:

  • Sender

Platform email marketing yang pertama adalah Sender. Aplikasi ini yang tidak Cuma menyuguhkan tools untuk email namun juga untuk push notifications.

Sender mempunyai template yang dapat Anda customize dengan fitur tambahan macam gambar atau video. Anda juga dapat mempersonalisasi email Anda dengan menyesuaikan segmentasi audiens Anda.

Salah satu yang menjadikan Sender menarik adalah platform email marketing ini mempunyai fitur analitisnya yang membuat Anda bisa memantau siapa saja yang membuka email Anda.

Dan bisa untuk memantau yang mengklik link di dalamnya, kapan mereka membukanya, dan lainnya. Dari situ, Anda jadi dapat mengetahui profil target konsumen Anda serta dapat mengoptimalkan strategi marketing Anda.

  • Mailer Lite

Salah satu yang menjadikan MailerLite ini menarik adalah adanya fitur pop-up serta survei yang dapat Anda atur. Selain fitur-fitur dasar macam drag-and-drop.

Mailer Lite juga memiliki fitur editor teks yang membuat Anda dapat menyesuaikan format serta paragraf teks dan juga fitur editor foto bawaan.

Dengan MailerLite, Anda dapat membuat landing page yang sesuai dengan email yang Anda kirim. Anda juga dapat melakukan beberapa pengujian terpisah untuk mengukur strategi mana yang paling efektif untuk meningkatkan klik dan konversi.

Oleh sebab itulah, MailerLite ini bisa dimanfaatkan untuk website e-commerce Anda, terutama untuk bisnis kecil sampai menengah.

  • SendinBlue

Sendinblue mempunyai beragam fitur marketing yang bisa Anda gunakan, mulai dari email marketing sampai fungsi tambahan macam customer relationship management serta pembuatan landing page.

Platform ini adalah salah satu yang cukup mudah digunakan untuk Anda yang sama sekali belum pernah memakai platform email marketing.

Sendinblue mempunyai lebih dari 70 template desain yang dapat Anda manfaatkan agar email marketing Anda semakin bagus.

Template desainnya yang responsive tentu akan memudahkan orang yang membaca nya. Selain itu, Sendinblue juga memiliki opsi untuk email transaksional serta autoresponder. 

  • Constant Contact

Dengan aplikasi Constant Contact, Anda juga dapat membuat email marketing yang menarik. Hanya dengan drag and drop, template email yang tersedia akan menjadikan email marketing.

Anda jadi semakin menarik dan profesional, dan juga responsif untuk pengguna smartphone. Anda juga bisa mengundang penerima email untuk memberikan respons terbaik mereka mengenai apa yang sebenarnya Anda perlukan.

Selain itu Anda juga dapat melakukan pengaturan agar dapat melihat penerima mana yang sudah membuka email Anda.




Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai  Tips Membangun Email Marketing untuk Bisnis,  pengertian, cara membuat, dan juga rekomendasi aplikasi untuk membuat email marketing.

Dengan adanya email marketing ini tentu memiliki berbagai kelebihan dan manfaat untuk bisnis Anda oleh karena itulah email marketing harus digunakan dengan maksimal.

BACA JUGA : 2 CARA MEMBUAT EMAIL DOMAIN SENDIRI GRATIS

 

x