pengertian deskripsi dan enskripsi

Pengertian Deskripsi dan Enskripsi

DUNIAWEBSITE.COMMemahami pengertian deskripsi dan enskripsi, tujuan, fungsi, dan perbedaannya dengan Enkripsi. Simak penjelasannya pada artikel ini.

Mengenai deskripsi mungkin masih asing bagi sebagian orang. Namun, istilah tersebut sudah tidak asing lagi bagi mereka yang telah mengenal kriptografi.

Apa itu kriptografi? Kriptografi adalah salah satu teknik yang digunakan untuk mengamankan data saat terjadi proses komunikasi.

Selain itu, kriptografi juga bisa digunakan untuk mencegah pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengakses data pribadi atau rahasia. 

Fungsi utama dari kriptografi biasanya dikenal dengan enkripsi dan dekripsi. Enkripsi adalah proses dimana pesan asli dapat diubah menjadi bentuk yang berbeda sehingga pesan tersebut menjadi tidak mudah dikenali.

Namun bagaimana dengan deskripsi? Apakah keduanya saling terkait dan apa pengertian deskripsi serta perbedaannya dengan enkripsi? Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang dekripsi. 

Pengertian Deskripsi 

Dekripsi adalah proses mengubah data yang tidak terbaca atau telah terenkripsi menjadi bentuk yang mudah dibaca. Dekripsi juga bisa dilakukan secara otomatis atau manual dengan menggunakan kata sandi atau password.

Selama proses tersebut, sistem akan mengekstrak dan mengubahnya menjadi teks dan gambar sehingga tidak hanya dapat dipahami oleh pembaca, tetapi sistem juga dapat membacanya secara keseluruhan. 

Tujuan Deskripsi 

Dapat diketahui bahwa tujuan enkripsi dan dekripsi sebenarnya hampir sama. Keduanya saling terkait. Berikut ini adalah beberapa tujuan dekripsi, di antaranya: 

1. Untuk menjaga keamanan data pribadi 

2. Untuk memastikan keaslian dokumen, jika terjadi perubahan yang dilakukan oleh salah satu pihak maka dapat diketahui. 

3. Untuk mencegah terjadinya plagiat pada dokumen 

4. Untuk membantu kegiatan komunikasi agar tidak mudah diakses oleh hacker atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Perbedaan Enkripsi dan Dekripsi 

Meskipun saling terkait, enkripsi dan dekripsi juga memiliki perbedaan, di antaranya: 

Selama proses enkripsi, algoritma enkripsi menggunakan pesan dan kunci plaintext. Sedangkan pada proses dekripsi, algoritma dekripsi mengubah format pesan terenkripsi yaitu ciphertext menggunakan kunci pribadi. 

Enkripsi dilakukan saat mengirim data, sedangkan dekripsi dilakukan saat menerima data. 

Tujuan Dari Enskripsi Dan Deskripsi

Enkripsi bertujuan untuk mengamankan data selama proses pengiriman, sedangkan deskripsi bertujuan untuk memastikan data yang diterima tidak tercemar oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Jadi, enkripsi dan dekripsi merupakan dua proses yang saling terkait dalam kriptografi. Enkripsi bertujuan untuk mengamankan data selama proses pengiriman.

Sedangkan deskripsi bertujuan untuk memastikan data yang diterima tidak tercemar oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Yang keduanya memiliki perbedaan dalam algoritma dan tujuan penggunaannya, namun sama-sama penting dalam menjaga keamanan data pada saat terjadi proses komunikasi.

Kesimpulan

Itulah tadi artikel yang membahas secara singkat mengenai pengertian deskripsi dan enskripsi, tujuan, fungsi, dan perbedaannya.

Semoga ulasan di atas bisa memberi banyak manfaat dan faedah bagi para pembaca. Dan semakin menambah khasanah kita dalam ilmu pengetahuan.

BACA JUGA : TUJUAN DAN MANFAAT MEMBANGUN BLOG
x