influencer agency bisnis

Influencer Agency Bisnis: Cara Kembangkan Bisnis, Manfaat Dan Rekomendasi Agency Terbaik

DUNIA WEBSITE – Mengenal influencer agency bisnis adalah cara kembangkan bisnis Anda di masa depan. Dan Anda dapat merasakan manfaat hingga kami merekomendasi agency bisnis terbaik untuk saat ini.

Di era modern seperti ini sudah banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih sukses, maju dan tentunya tertanam di jiwa para pelanggan.

Influencer merupakan salah satu strategi marketing yang cukup efektif, memperluas jangkauan para pelanggan dan meningkatkan target penjualan.

Beberapa orang mungkin masih belum mengenal Influencer Agency untuk bisnis

Maka dengan ini, Anda bisa mempelajari segala bentuk influencer agency, cara menggunakan Influencer untuk mengembangkan bisnis Anda hingga rekomendasi influencer agency terbaik.

Langsung saja simak penjelasannya di sini.

Mengenal Influencer Agency untuk Bisnis

influencer agency bisnis

Agency Bisnis

Sederhananya influencer agency ialah organisasi yang bekerja dengan brands dan influencer untuk menjalankan kerja influencer terhadap marketing campaign khususnya di media sosial.

Dengan menggunakan jasa agency influencer, bisnis Anda akan semakin terbantu dalam mengelola strategi influencer yang efektif.

Influencer agency digital sendiri memiliki tugas dalam menyusun strategi, menjalankan hingga mengelola influencer marketing campaign untuk kliennya sendiri. Bahkan influencer pun bertugas terhadap product placement, sponsored content, paid sponsorships, dan opsi-opsi lainnya.

Influencer agency siapkan menghubungkan brand bisnis Anda dengan influencer yang Anda pilih mulai dari mikro influencer hingga mega influencer.





Cara Kembangkan Bisnis dengan Influencer

Dari acara Shopeepay Talk yang membawa tema Trik Strategis Kembangkan Bisnis dengan Influencer Marketing yang dijelaskan oleh para tokoh brand ternama. Seperti Reina Devianti Triswan selaku Head of Marketing Rollover Reaction & Alchemist Fragrance.

Dan Galih Ruslan selaku pemilik Kylafood hingga Desy Bachir selaku Digital Marketing Professional and CMO of Samara Media & Entertainment.

Dari acara tersebut setidaknya disampaikan ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis dengan influencer.

1. Pilih Influencer yang Relevan dengan Brand Bisnis

Kunci dalam mengembangkan bisnis dengan menggunakan influencer adalah memilih influencer yang relevan dengan nilai bisnis Anda.

Yang bukan hanya terpaku pada tujuan kolaborasi, Anda pun harus mengenal Influencer Agency untuk bisnis yang tepat.

Untuk memilih influencer yang profesional, Anda bisa melihat lifestyle yang ditunjukkan oleh influencer ke follower media sosialnya.

Selain itu, pilih pula Influencer yang bisa membangun pondasi trust yang kuat melalui jalinan komunikasinya dengan audiens.

Maka dari itu penting bagi Anda memperhatikan gaya komunikasi tokoh tersebut dengan audiensnya.

Pilih pula influencer yang berkarakteristik sesuai dengan tujuan komunikasi brand dan target audiens. Dengan begitu pesan yang disampaikan oleh influencer bisa tersampaikan dengan baik kepada target audiensnya dan audiens bisa mendengarkan ajakan influencenya.




2. Tidak Harus Endorse, Coba Hal Baru dengan Influencer untuk Mengait Audiens

Dibandingkan dengan melakukan endorse, brand bisnis bisa lebih eksploratif dalam merancang strategi influencer yang seru sehingga tidak membuat target menjadi jenuh.

Brand bisa mengeksplorasi berbagai kegiatan yang sesuai secara objektif, kampanye, ulasan produk, hingga perilisan produk kolaborasi dengan sang influencer pilihan Anda.

Brand  perlu memahami sejumlah aspek, mulai dari objektif, produk yang dipasarkan, target hingga biaya yang dianggarkan untuk bisa eksploratif dan mendapatkan ide kreatif untuk membuat kampanye tersebut.

Akan lebih baik lagi jika kolaborasi yang dilakukan dengan bersama-sama dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak baik itu brand maupun influencer itu sendiri.

Sebab dengan begitu bisa meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan dari konsumen terhadap keduanya.

3. Menggunakan Influencer untuk Bisnis Kecil

Siapa bilang bisnis kecil tidak bisa menggunakan influencer untuk memasarkan produk brand? Anda bisa menggunakan influencer sekalipun untuk bisnis kecil, tentunya dengan strategi yang tepat!

Anda bisa mengembangkan bisnis kecil melalui strategi influencer marketing sesuai dengan budget pemasaran yang telah disiapkan tentunya.

Melalui strategi Story Telling yang engaging bisa sangat berdampak besar bagi perkembangan bisnis Anda. Anda bisa memilih para Influencee mikro yang memiliki follower ribuan saja.

Para influencer mikro atau nano biasa memiliki engagement yang lebih tinggi dan mendapatkan kepercayaan dari para followers-nya, sebab para followersnya memiliki teman atau circle mereka sendiri. 

Strategi apapun yang dilakukan, brand harus merujuk pada tujuan dan consumer insight yang ada.

Bahkan saat ini sudah banyak platform bebas biaya yang bisa dimanfaatkan oleh brand untuk mengenali tingkat kedekatan dan interaksi para influencer dengan audiensnya. Dengan begitu, budget pemasaran bisa tepat sasaran.

Untuk membuat konten yang dikemas secara unik, Anda harus memperhatikan tren masa ke masa. Untuk meningkatkan kepercayaan, Anda pun bisa  meminta yang jujur dari para pelanggan.

Dengan mengenal Influencer Agency untuk bisnis tiga cara tersebut, para pemilik brand bisa mengembangkan brand bisnisnya dengan melalui strategi marketing influencer yang tepat. 

Manfaat Influencer untuk Bisnis

 

influencer agency bisnis

Influencer

Menggunakan influencer untuk kebutuhan perkembangan bisnis bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Sebab dengan mengenakan influencer, Anda bisa meraih sejumlah manfaat untuk bisnis Anda di antaranya sebagai berikut:

  • Meningkatkan Brand Awareness, salah satu kontribusi influencer yang sangat menonjol adalah penanaman brand awareness. Target audience bisa mempelajari produk Anda dengan mudah dan akan semakin dekat dengan brand Anda
  • Menjangkau Target Audiens dengan Mudah, di mana para influencer marketing dapat membantu Anda dalam meningkatkan angka penjualan dengan secara substansial.
  • Membangun Kredibilitas Kepercayaan, Memilih influencer yang dipercaya dan dihormati oleh banyak followers dapat berdampak pula pada brand Anda, yang mana engagement dan rasa kepercayaan terhadap merek Anda akan ikut tumbuh.
  • Membantu Strategi Content Marketing, dengan menggunakan influencer, Anda akan terbantu dalam proses pengembangan konten, terlebih jika Anda memilih influencer yang handal, memiliki konten yang berkualitas tinggi dan secara estetik yang disukai banyak audiensnya
  • Memberikan Benefit jangka panjang, waktu dan budget yang lebih efisien. 

Beberapa poin utama tersebut adalah manfaat-manfaat yang bisa Anda raih dalam proses strategi marketing yang tepat.

Tentu saja manfaat-manfaat ini memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis Anda.




Plus Minus Menggunakan Influencer Agency Digital 

Banyaknya manfaat yang diberikan oleh influencer sudah sepatutnya cukup untuk menyakinkan diri Anda dalam menggunakannya pada proses marketing.

Meski demikian, menggunakan influencer agency juga memiliki nilai plus minusnya tersendiri yang mana antaranya sebagai berikut:

1. Kemudahan dalam Melakukan Strategi Marketing

Jika pekerja Anda belum paham mengenai strategi marketing influencer, mengenakan jasa Influencer Agency adalah pilihan yang cukup tepat.

Sebab sudah pasti anggota agency ini telah memahami seluk beluk strategi marketing yang efektif untuk mengembangkan bisnis menggunakan influencer.

Mulai dari pemilihan influencer yang relevan dengan bisnis Anda, caption, hingga teknik marketing yang dilakukan oleh influencenya.

Dengan menggunakan agency influencer, maka tentu Anda bisa lebih mudah melakukan strategi tersebut.

2. Target Semakin Didepan

Dengan bantuan dari agency influencer, Anda bisa menargetkan pelanggan atau target dengan semakin akurat. Semisalnya bisnis Anda berniche kesehatan, maka influencer akan membantu Anda mendapatkan influencer yang relevan seperti tokoh tenaga medis yang terkenal. Dengan demikian target pun akan semakin di depan dan akurat tentunya.

3. Biaya Marketing yang Efektif

Dibandingkan dengan mengelolanya sendiri mulai dari mencari influencer yang tepat, membuat strategi marketing dan hal kecil sebagainya yang menguras biaya Anda bisa memilih mengenakan influencer agency dengan demikian biaya marketing menjadi lebih efektif. Maka oleh sebab itu, mengenal Influencer Agency untuk bisnis dahulu ya.

4. Jangka Waktu

Sayangnya yang menjadi nilai minus saat Anda mengenakan agency influencer adalah jangka waktu.

Bukan hanya soal periode berlakunya konten marketing influencer terhadap target audiens, melainkan menggunakan jasa agency Anda harus sedikit sabar sebab tak langsung hari itu juga pemasaran dilakukan.

Agency marketing membutuhkan waktu setidaknya paling lambat 7 hari untuk mengelola peluncuran influencer marketing.

5. Kesalahan Influencer

Salah satu minus dari menggunakan jasa influencer agency yang cukup fatal ialah kesalahan influencer.

Kesalahan influencer dalam menyebutkan nama produk, kelebihan produk dan sebagainya bisa berakibat fatal pada bisnis Anda, tentunya ini akan sangat merugikan Anda.

Plus minus ini harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan influencer agency.

Rekomendasi  Influencer Agency Terbaik

 

influencer agency bisnis

Influencer Bisnis

Sedang mencari Influencer agency terbaik? Sejumlah agency di bawah ini bisa menjadi referensi terbaik.

1. PEMASARAN AJ

Rekomendasi agency yang pertama jatuh pada AJ Marketing. Agen marketing influencer terbaik asal Indonesia ini sudah memiliki jaringan setidaknya 7000 influencer di berbagai media sosial seperti Youtube, TikTok hingga Instagram.

Bahkan Pemasaran AJ ini hadir dengan berbagai pelayanan niche mulai dari stylife, teknologi, game, kecantikan, olahraga, makanan dan masih banyak lagi jenis topik lainnya.

Sebagai bukti profesionalnya AJ Marketing, agency ini telah bekerja sama dengan merek-merek ternama seperti BMW (MINI), Bytedance (TikTok), AMD, Alibaba Group, dan masih banyak lagi.




2. NARRATOR

Narrator merupakan platform influencer marketing di Indonesia yang berbasis di Singapura. Tak tanggung-tanggung, Narrator telah memiliki setidaknya 500.000 influencer yang ada di seluruh Asia Tenggara.

Bahkan saking profesionalnya, Narrator telah mendapatkan penghargaan sebagai Best Influencer Marketing Agency of the Year 2020 oleh Marketing Magazine (Silver). 

Narrator telah bekerja sama dengan merek-merek ternama seperti Unilever, Samsung, dan L’oreal. 

3. PARTIPOST

Jenis platform marketing influencer di Indonesia ini telah memiliki database sebanyak 550.000 influencer.

Didirikan tahun 2016, Partipost berpusat di Singapura. Adapun pelayanan marketing lain yang ditawarkan ialah pemasaran media sosial, produksi kreatif, hingga branding.

Partipost telah dipercaya bekerja sama dengan brand ternama seperti Grab, Sociolla hingga Flip.

4. MEDIATIK

Agen pemasaran digital yang berfokus terhadap pemasaran Influencer adalah Mediatik. Layanan yang diberikan oleh agency satu ini mencakup pada promosi berbayar, pembuatan konten, pelaporan event live, hingga aktivasi O2O.

Sejak kehadirannya di tahun 2017, Mediatik telah bekerja sama dengan merek-merek ternama seperti Traveloka, DBS, dan Colette & Lola.

5. CREATIVE MEDIA UNITED

Rekomendasi agen marketing influencer yang terakhir ialah CMU atau tepatnya Creative Media United.

CMU – Creative Media United merupakan agen marketing influencer indonesia yang menghadirkan berbagai layanan mulai dari menghubungi influencer, mengelola hingga pelaporan kampanye. 

Tak hanya itu, CMU pun menyediakan layanan pembuatan konten.  CMU telah memiliki berbagai pilihan influencer mulai dari mega influencer hingga nano influencer di berbagai sektor.

Dengan 5 rekomendasi influencer agency bisnis dan marketing tersebut, Anda bisa mempertimbangkan salah satu diantaranya untuk mendapatkan agen influencer yang tepat.




Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenal Influencer Agency Bisnis, semoga dengan ini Anda semakin sadar bahwasannya Influencer bisa menjadi strategi marketing yang sangat tepat untuk perkembangan bisnis Anda.

BACA JUGA : TIPS MEMBANGUN EMAIL MARKETING UNTUK BISNIS
x