4 cara redirect domain

Cara Transfer Domain Serta Penjelasan Lengkapnya!

Duniawebsite.comCara transfer domain merupakan salah satu tips untuk menjawab bagi blogger pemula yang ingin mengubah nama domain blogspot ke domain berbayar.

Kemungkinan masih banyak orang yang bingung bagaimana trik transfer domain. Maka dari itu jika pembaca juga salah satu orang nya.

Oleh sebab itu jangan khawatir temukan solusi transfer untuk dominan tersebut dalam pembahasan ini. 

Selain itu, juga dipaparkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dan disiapkan sebelum melakukannya.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa ulasan berikut mengenai tips dan langkah seperti judul dan penjelasan singkat lainya, diantaranya: 

Apa Itu Transfer Domain? 

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara transfer domain, pembaca juga harus paham apa sebenarnya maksud dari transfer sebuah domain itu sendiri.

Dan untuk penjelasannya adalah proses pemindahan layanan domain atau biasa dikenal dengan register ke register yang baru. 

Adapun alasan pengguna melakukan proses pemindahan karena beberapa hal. Misalnya pemindahan dilakukan karena layanan sebelumnya kurang memuaskan.

Kemudian, bisa saja karena sekadar ingin mengabungkan domain agar masuk dalam satu registrar. Maka dari itu perlu dilakukan transfer domain. 

Syarat dalam Melakukan Transfer Domain 

Yang perlu diketahui bahwa ternyata dalam melakukan transfer ini ada syaratnya. Lantas apa saja syarat tersebut? Untuk itu, simak beberapa syarat berikut: 

  • Langkah Pertama

Untuk syarat untuk kirim domain adalah para bagi pengguna harus memastikan jika untuk register baru memiliki domain gTLD. 

  • Langkah Kedua

Pastikan bahwa domain yang akan Anda transfer tidak kadaluarsa atau expired. Dan pastikan juga Anda tidak dalam keadaan lock. 

  • Tips Ketiga

syarat ketiga adalah masa aktif minimal masih 60 hari. Dan email pemilik domain harus juga aktif dan sesuai dengan saat pendaftaran sebelumnya. 

Pemilik dari domain tersebut harus memiliki kode EPP. Yaitu kode yang digunakan untuk pengamanan saat hendak melakukan langkah diatas. 

Melakukan Kirim Domain Menggunakan Situs 

Dan setelah pembaca paham mengenai penjelasan transfer domain. Dan juga penjelasan bahwa sebelum melakukan transfer harus ada beberapa hal yang dilakukan. 

Maka setelah semua syarat sudah berhasil di penuhi. Bagi para pengguna bisa menyimak cara transfer domain dengan mudah menggunakan situs.

Maka untuk lebih jelasnya,simak beberapa langkah yang dapat dilakukan berikut ini:

  • Masuk link resmi dari layanan register yang dipilih. 
  • Pengguna bisa masuk ke situs resmi yang dipilih. Untuk mengaksesnya pengguna bisa gunakan berbagai browser yang biasanya dipakai. 
  • Lalu jika sistem berhasil mengarahkan pengguna, maka hal yang perlu dilakukan adalah menemukan menu domain. 
  • Scroll hingga ke bagian bawah sampai menemukan menu domain, kemudian pengguna bisa klik transfer domain. 
  • Setelah berhasil masuk, maka selanjutnya dapat melakukan transfer domain. Untuk proses tersebut pengguna akan diarahkan pada bagian halaman transfer.
  • Namun pastikan form kode EPP muncul terlebih dahulu, selain itu juga durasi dan Addons. jika sudah pengguna bisa menambahkan kode EPP dari register lamanya. Lalu juga memilih durasi pemesanan hingga Addons apa yang diinginkan. Klik semuanya dan bisa masukkan pada bagian troli.
  • Jika semuanya sudah dimasukkan maka pengguna bisa klik bagian selesaikan dan bayar. 
  • Pengguna bisa tunggu sejenak agar diberikan invoice hingga penawaran paket hemat jika ada. Beberapa rincian dan nomor rekening tujuan juga akan disampaikan pada bagian ini. 
  • Lalu pengguna bisa melakukan pembayaran dan setelah itu tunggu adanya persetujuan pemindahan domain yang akan dikirim melalui email. 
  • Jika sudah pengguna bisa menunggu proses transfer tersebut. Umumnya akan membutuhkan waktu sekitar 7 harian. 

Kesimpulan

Demikian itu beberapa pembahasan serta pembahasan yang bisa dilakukan dengan mudah dan juga cepat.

Selain itu, dalam pembahasan kali ini juga dipaparkan beberapa hal yang dibutuhkan sebelum Anda melakukan hal seperti di atas juga.

Baca Juga : Contoh Top Level Domain Pada Setiap Kategorinya

x