aplikasi pinjaman online legal

Aplikasi Pinjaman Online Legal Terpercaya

DUNIA WEBSITEDi jaman sekarang mengunakan aplikasi pinjaman online legal terpercaya terbukti sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting.

Semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, membuat orang-orang seringkali kehabisan uang dan terpaksa meminjam. Sebelum maraknya aplikasi pinjam uang, orang-orang pada umumnya memilih untuk meminjam uang di bank yang persentase penolakannya tinggi.

Selain ke bank, mereka akan memilih untuk meminjam ke sanak saudara atau kerabat yang sebenarnya memberikan beban tersendiri. Jalan terakhirnya, mereka akan memilih untuk meminjam ke rentenir karena tidak memiliki pilihan lain.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, meminjam uang kini dapat dilakukan secara online. Bahkan, pinjam uang dapat dilakukan lewat aplikasi saja tanpa perlu bertatap muka. Kemajuan teknologi seperti ini tentu sangat membantu finansial mereka yang membutuhkan uang dalam keadaan darurat.

Hadirnya aplikasi pinjam uang online saat ini semakin menjamur di Indonesia. Banyak orang yang merasa meminjam uang lewat aplikasi adalah hal yang wajar dan mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, walaupun banyak kelebihan dan kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi pinjam uang.

Anda harus tetap hati-hati saat memilih aplikasi pinjam uang legal yang tepat. Terlebih lagi, saat ini aplikasi pinjam uang ilegal sangat marak di Indonesia. Banyak orang yang tertipu dan merasa terbebani dengan adanya aplikasi pinjam online ilegal ini.

Ciri – Ciri Aplikasi Pinjam Online Legal Dan Ilegal

Nah, sebelum memilih aplikasi pinjam uang legal, ada baiknya Anda mengenali ciri-ciri aplikasi pinjam uang yang ilegal berikut ini:

1. Kantor & Pengelola Tidak Valid

Cara pertama untuk melihat aplikasi pinjam uang yang Anda pilih ilegal atau tidak adalah dengan memastikan lokasi kantor beserta isinya. Anda mungkin akan kesulitan untuk menemukan lokasi kantor dari aplikasi pinjam uang yang ilegal, bahkan alamat dan pengelola yang tertera tidak valid.

Pinjaman online yang legal, tentunya memiliki alamat kantor dan pengelola yang valid. Cara mudahnya, ketika Anda mengetik nama aplikasi pinjam uang yang Anda tuju di Google, alamat dari aplikasi pinjaman uang online tersebut akan muncul dan mudah dilacak.

2. Syarat & Ketentuan Sangat Mudah

Aplikasi pinjam uang online ilegal pada umumnya memberikan syarat dan ketentuan yang sangat mudah. Bahkan, proses pencairan dana sangat cepat dan instan. Tidak banyak juga data yang perlu Anda isi. Sedangkan, aplikasi pinjam uang yang legal, mewajibkan Anda untuk mengisi data yang diperlukan selengkap mungkin.

Misal, data pribadi, lampiran KTP, slip gaji, serta dokumen pendukung lainnya. Dana yang dicairkan oleh aplikasi pinjam uang yang legal memang tergolong cepat, namun tidak instan karena membutuhkan proses.

3. Bunga & Denda Tinggi

Bunga merupakan salah satu hal yang seringkali menjadi beban dan pertimbangan bagi para calon peminjam. Beban bunga, hingga denda keterlambatan pembayaran aplikasi pinjam uang ilegal umumnya tinggi dan diakumulasi secara harian sehingga benar-benar menyulitkan para peminjam untuk membayarnya.

Sedangkan, aplikasi pinjam uang yang legal memberikan keringanan untuk para peminjam, yaitu dengan bunga yang masuk akal dan tidak memberatkan peminjam.

4. Mencuri Data Pelanggan

Ciri selanjutnya adalah mencuri data pelanggan. Sebelum persetujuan pinjaman dana, Anda perlu mengisi data yang disyaratkan oleh aplikasi. Data yang Anda masukan saat ingin meminjam lewat aplikasi pinjam uang harus merupakan data yang valid.

Akan tetapi, Anda perlu hati-hati karena aplikasi pinjam uang ilegal seringkali menyadap data peminjam. Dari mulai data pribadi, data kontak nomor telepon, SMS, hingga Whatsapp pribadi peminjam.

5. Penagihan Tidak Sesuai dengan Kode Etik

Aplikasi pinjam uang ilegal kebanyakan menagih uang dengan cara yang tidak sesuai dengan kode etik penagihan. Dari mulai mengintimidasi, mempermalukan peminjam, sampai menagih dengan cara meneror. Bahkan, mereka tidak hanya menagih peminjam, namun sampai ke orang-orang terdekat peminjam atau orang-orang yang ada di kontak peminjam.

Kontak tersebut mereka dapatkan dari hasil mencuri data pelanggan seperti poin di atas. Aplikasi pinjam uang yang legal tidak akan melakukan penagihan dengan cara tersebut karena mematuhi regulasi dari OJK.

Itu dia 5 ciri-ciri aplikasi pinjam uang ilegal yang saat ini masih banyak beredar di Indonesia. Bagi Anda yang ingin meminjam uang melalui aplikasi, ada baiknya untuk benar-benar memilih aplikasi pinjam uang yang legal ya. Anda dapat menjadikan aplikasi pinjman online legal pilihan yang tepat untuk meminjam uang.

Yang menawarkan produk pinjaman hingga puluhan juta rupiah dengan bunga yang rendah mulai dari 0,1% perhari. Aplikasi legal juga terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lho. Berikut adalah langkah untuk meminjam di aplikasi pinjol:

  • Kalau Anda ingin menggunakan jasa pinjaman online yang aman, pastikan Anda memilih pinjaman online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK menetapkan aturan untuk para penyedia pinjaman online untuk melindungi nasabah yang meminjam.

  • Sayangnya, masih banyak orang yang tidak menyadari pentingnya legalitas pinjaman online serta jaminan dari OJK. Padahal, jika Anda mengabaikan aturan pinjaman online menurut OJK, Anda rentan terkena penipuan. 

Aturan OJK tentang Fintech Pinjaman Online

aplikasi pinjaman online legal

Syarat Pinjol

OJK adalah lembaga negara yang tugas dan wewenangnya diatur dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011. Tugas utamanya adalah mengawasi dan mengatur kegiatan di bidang jasa keuangan. 

Fintech pinjaman online juga masuk ke dalam pengawasan OJK. Karena, kegiatan yang dilakukan masih tergolong ke dalam kategori kegiatan jasa keuangan. 

Secara khusus, fintech pinjaman online masuk ke dalam sektor lembaga keuangan bukan bank yang diatur dan diawasi oleh OJK. Jadi, dalam pelaksanaannya, pinjaman online harus mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh OJK. 

Aturan OJK terhadap setiap fintech berbeda-beda, tergantung jenis fintech yang bersangkutan. Dalam hal aplikasi pinjaman online legal, OJK menetapkan beberapa kebijakan sebagai berikut: 

1. Batas Maksimal Bunga Pinjaman

Salah satu hal yang paling sering dikeluhkan dari pinjaman online adalah bunga pinjamannya yang terlalu besar. Sebenarnya, setiap pinjaman online memiliki batas maksimal dalam menetapkan bunga, sesuai dengan aturan dari OJK. 

Dikutip dari CNN Indonesia, OJK membatasi bunga pinjaman online maksimal hanya sebesar 0,8 persen per hari, atau setara dengan 24 persen per bulan. Kalau ada pinjaman online yang mematok bunga lebih dari ini, maka pinjaman online tersebut sudah melanggar aturan OJK, atau memang belum terdaftar. 

Fintech pinjaman online yang belum terdaftar di OJK biasanya menetapkan bunga yang sangat tinggi, bisa sampai dengan 1 persen per hari atau 30 persen per bulan. Mereka bisa melakukan ini karena tidak di bawah pengawasan OJK. 

2. Prosedur Pengajuan Pinjaman

OJK juga membuat kebijakan mengenai bagaimana suatu pinjaman online melakukan prosedur pemberian pinjaman. Keamanan data nasabah juga harus diperhatikan dalam prosedur ini. 

Dikutip dari Liputan 6, OJK menetapkan sejumlah kebijakan mengenai identifikasi dan verifikasi nasabah, pengelolaan risiko, pemeliharaan data, penolakan transaksi, pengkinian dan pemantauan, serta pelaporan kepada pejabat senior. 

Bisa dibilang, OJK memiliki wewenang untuk memberikan sanksi kepada pinjaman online yang yang tidak mengikuti aturan mengenai hal-hal di atas. Contohnya seperti jika terjadi kebocoran atau penjualan data nasabah secara. ilegal.




 

Aturan OJK tentang Pembayaran Cicilan Pinjaman Online

aplikasi pinjaman online legal

OJK

OJK bukan hanya menetapkan peraturan kepada pihak penyedia pinjaman online. Sebagai peminjam pun, Anda juga memiliki kewajiban yang diatur oleh OJK. 

Salah satu aturan mengenai pembayaran cicilan yang ditetapkan OJK adalah kebijakan mengenai pinjaman online yang tidak dibayar oleh nasabah. Menurut CNBC Indonesia, tidak membayar pinjaman akan membuat namamu masuk ke dalam daftar blacklist SLIK OJK. 

Saat pertama kali mengajukan pinjaman, pihak pinjaman online pasti meminta Anda untuk mencantumkan data pribadi dan melampirkan identitas diri. Dokumen ini nantinya akan dipakai untuk melaporkanmu ke OJK apabila Anda tidak membayar. 

Jika Anda sudah dilaporkan, maka namamu akan masuk ke daftar hitam atau blacklist OJK. Hal ini tidak bisa dianggap remeh, karena akan berpengaruh pada kesempatanmu dalam mengajukan pinjaman di kemudian hari. 

Anda bisa saja mencari pinjaman dari fintech pinjaman online lain. Tapi, jika namamu sudah masuk ke dalam daftar hitam, pinjaman online lain juga kemungkinan besar tidak akan menyetujui pengajuanmu. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kepercayaan fintech pinjaman online terhadap namamu. Ikutilah aturan dari OJK untuk melunasi pinjaman online tepat waktu.




 

Kenapa Anda Harus Menggunakan Aplikasi Pinjaman Online Legal Terpercaya?

aplikasi pinjaman online legal

Pinjol

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentunya tidak bisa lepas dari berbagai jenis kebutuhan. Namun, ada kalanya kebutuhan mendesak tidak bisa terpenuhi sehingga satu-satunya solusi adalah dengan mengajukan kredit.

Sayangnya, pengetahuan masyarakat terkait kredit masih terbilang minim. Terlebih penyedia kredit seperti bank misalnya, justru menerapkan aturan yang rumit dan berbelit-belit. Hal inilah yang jadi perhatian Pinjaman online legal, sebagai pihak yang menawarkan pinjaman tunai tanpa agunan atau KTA.

Demi bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan pinjaman, layanan kredit tanpa agunan dari Pinjaman online legal bisa dijadikan solusi yang praktis. Berikut ini hal-hal yang harus Anda tahu dari pinjaman Pinjaman online legal:

Keunggulan Pinjaman online legal dari layanan pinjaman ilegal

aplikasi pinjaman online legal

Layanan pinjaman di era ini memang banyak macamnya. Selain bank, ada pula koperasi yang menyediakan layanan pinjaman tunai. Namun jika dibanding layanan konvensional tersebut, pastilah Pinjaman online legal memiliki keunggulan tersendiri. Berikut ini beberapa keunggulan dari pinjaman Pinjaman online legal:

1. Pengajuan kredit sangat mudah dan praktis karena bisa dilakukan secara online

Layanan KTA dari Pinjaman online legal terbilang mudah dan praktis. Pasalnya, Anda tidak perlu pergi ke luar rumah atau bolak balik ke kantor bank untuk mengajukan pinjaman. Cukup lakukan permohonan secara online, maka pinjaman yang Anda butuhkan bisa segera sampai di tangan.

2. Masa angsuran bisa diambil selama 6 bulan sampai dengan 12 bulan

Keunggulan lainnya adalah pilihan masa angsuran yang bisa Anda pilih sendiri. Tersedia masa angsuran yang bisa diambil selama 6 bulan sampai dengan 12 bulan. Misalnya Anda merasa bisa mencicil lebih banyak dan ingin pinjamanmu cepat lunas, pilih saja msa angsuran yang pendek.

3. Prosesnya sangat cepat dengan konfirmasi pengajuan maksimal 24 jam

Salah satu keunggulan dari KTA yang ditawarkan aplikasi pinjaman online legal terpercaya adalah prosesnya yang terbilang cepat. Jika pengajuan pinjaman di layanan konvensional butuh proses yang lama dan rumit, layanan Pinjaman online legal hanya butuh waktu kurang dari satu minggu saja. Proses pengajuan ini lebih cepat karena persayaratan yang harus Anda penuhi terbilang ringan.

Berbeda dari layanan pinjaman konvensional, Pinjaman online legal adalah fintech yang memberikan banyak kemudahan. Tidak hanya itu saja, melakukan pinjaman di Pinjaman online legal tentunya lebih aman dan terpercaya. Supaya Anda semakin yakin dengan fintech yang satu ini, berikut ini alasannya:

  • Setiap kontrak ada akad resmi yang harus ditandatangani nasabah dan diproses secara online.

Dalam hal pinjaman, sangat perlu adanya kontrak resmi yang menguatkan pinjaman tersebut. Maka meski dilakukan secara online, Pinjaman online legal juga tetap memperhatikan hal ini sehingga setiap pengajuan pinjaman akan disertai kontrak dengan akad resmi yang ditandatangani nasabah.

  • Fintech yang satu ini berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan

Tidak perlu khawatir terjadinya penipuan apabila Anda mengajukan pinjaman ke Pinjaman online legal. Pihak Pinjaman online legal sendiri sudah memastikan bahwa saat ini Pinjaman online legal berada di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga setiap transaksi akan dianalisa. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu khawatir terjadinya penipuan.




 

Keuntungan pinjam di Aplikasi Pinjaman online legal

Sejak kemunculannya, layanan kredit tanpa agunan terbilang banyak diminati. Hal ini salah satunya karena banyaknya keuntungan yang bisa diperoleh oleh nasabah.

Nah, mau tahu keuntungan apa saja yang ada pada layanan KTA Pinjaman online legal? Ini penjelasannya.

1. Tidak perlu jaminan atau kartu kredit

Berbeda dari jenis pinjaman lainnya, KTA Pinjaman online legal tidak mengharuskan nasabah yang akan mengajukan pinjaman untuk memiliki kartu kredit.

Nantinya, pencairan dana dapat dilakukan secara tunai atau transfer. Sementara untuk pelunasaanya sendiri dapat dilakukan melalui ATM, setoran langsung, serta auto debit dari rekening nasabah.

2. Plafon pinjaman tersedia mulai dari 2 juta sampai dengan 10 juta

Jangan beranggapan bahwa pinjaman dari fintech tidak cukup membantu karena jumlah pinjaman yang kecil. Layanan Pinjaman online legal sendiri punya komitmen untuk mencukupi berbagai kebutuhanmu sehingga disediakan pinjaman mulai dari 2 juta sampai dengan 10 juta rupiah.

3. Bunga yang dibebankan hanya 3% flat per bulannya

Satu hal yang juga menjadi keunggulan dari produk ini adalah rendahnya bunga yang dibebankan pada nasabah, yaitu 3% flat per bulannya. Dengan bunga pinjaman yang terbilang rendah ini, nasabah tidak akan kesulitan melunasi pinjamannya sendiri.

Syarat Umum Lakukan Pinjaman Online, Dijamin Praktis !

Saat ini, jasa pinjaman online dan KTA tanpa kartu kredit telah tersedia di mana-mana dan mudah ditemukan. Keberadaan pinjaman tunai seperti ini tentunya akan sangat membantumu yang sedang membutuhkan uang dalam waktu cepat.

Syarat-syaratnya pun terbilang sederhana dan prosedur pencairan pinjaman tak memakan waktu lama, hanya dalam hitungan hari.




 

Berikut Persyaratan Pinjaman Online

Kira-kira apa aja sih syarat umum mengajukan ke aplikasi pinjaman online legal terpercaya? Yuk, disimak!

Syarat-Syarat

1. Usia minimal sang peminjam adalah 21 tahun

2. Usia minimal ini berkaitan dengan kemampuan ekonomi dan mental sang peminjam. Biasanya, mereka yang berumur 21 tahun ke atas telah memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap. Selain itu, dianggap cukup dewasa untuk memahami semua prosedur, tanggung jawab, serta konsekuensi saat mengajukan pinjaman uang online.

3. Berbagai macam dokumen pendukung yang menjadi bukti bahwa Anda sanggup menjadi peminjam yang bertanggung jawab.

4. Setiap lembaga penyedia jasa pinjam uang online pasti akan memprioritaskan mereka yang memiliki identitas diri dan pekerjaan yang jelas. Pertama-tama, sang peminjam haruslah memiliki KTP dan tinggal di Indonesia agar bisa dihubungi dengan mudah. Kemudian, hal penting berikutnya adalah pertimbangan kesanggupan sang peminjam  untuk membayar pinjaman. Poin ini biasanya akan dinilai dari pekerjaan dan pola keuanganmu yang akan akan terlihat dari Surat Keterangan Kerja, arus masuk dan keluar transaksi dari rekening koran, serta slip gaji.  

5. Namanya pinjaman uang online dan tanpa jaminan, pasti memiliki batas maksimal pinjaman

6. Pada dasarnya, pinjaman uang tanpa jaminan memiliki batas maksimal. Biasanya berkisar tak lebih dari Rp 20 juta. Misalnya saja, pinjaman uang online yang ditawarkan oleh Pinjaman online legal bank, berkisar dari  Rp 2 juta – Rp 10 juta. Dibatasinya nominal peminjaman ini juga untuk menjaga agar sang peminjam bijaksana menggunakan dana pinjaman tunai yang didapatkan.

7. Menyantumkan kontak orang terdekat sebagai referensi

8. Sang peminjam tentunya harus mengisi nama orang terdekat yang bisa dihubungi. Biasanya sih saudara sedarah yang nggak serumah, tergantung pada persyaratan dari masing-masing lembaga pinjaman online. Syarat ini bermaksud memudahkan penyedia jasa untuk menghubungi mereka saat Anda sedang sibuk.




 

Menghindari Penyalahgunaan Data Pribadi di Pinjaman Online

aplikasi-pinjaman-online

Supaya Anda terhindar dari penyalahgunaan data pribadi oleh pinjaman online, cobalah untuk memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Pastikan pinjaman online terdaftar di OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan lembaga yang mengawasi kegiatan di sektor jasa keuangan, termasuk fintech pinjaman online. Fintech pinjaman online yang beroperasi secara resmi pasti sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. 

Pinjaman online yang terdaftar OJK tentunya lebih terpercaya dan aman. Karena, apabila penyedia pinjaman tersebut tidak mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh OJK, mereka berisiko untuk mendapatkan sanksi dari pihak OJK.

Salah satu pinjaman online terpercaya yang diawasi oleh OJK adalah Pinjaman online legal. Pinjaman online legal merupakan produk digital dari Amar Bank yang memberikan pilihan pinjaman sampai puluhan juta dengan bunga cicilan yang ringan. 

Ketika mengajukan pinjaman di Pinjaman online legal, Anda tidak perlu khawatir, karena data pribadimu sudah pasti aman dan tidak akan disalah gunakan.




 

2. Memahami syarat dan ketentuan

Dilansir dari CNN Indonesia, sebelum mengunduh aplikasi pinjaman online legal terpercaya, Anda harus memperhatikan lebih dulu syarat dan ketentuan aplikasi tersebut. Biasanya, setiap aplikasi pasti akan menetapkan syarat dan ketentuan dan menginformasikannya kepada pengguna saat aplikasi tersebut diakses untuk pertama kalinya.

Aplikasi yang ilegal mungkin akan menetapkan syarat berupa wewenang untuk mengakses segala data di ponselmu. Apabila Anda tidak memperhatikannya, data-data pribadi di dalam ponselmu akan dicuri tanpa Anda sadari.

Bila hal ini terjadi, Anda pun tidak bisa menuntut pihak aplikasi pinjaman. Karena, sejak pertama kali memakai aplikasi, Anda sudah terlanjur menyatakan akan menyetujui seluruh syarat dan ketentuan dari aplikasi tersebut. 

Karena itu, meskipun informasi syarat dan ketentuan biasanya sangat panjang, tetap luangkan waktu untuk membacanya dengan teliti satu per satu. Hal ini penting demi menjaga keamanan data pribadi dari pinjaman online yang tidak bertanggung jawab. 

Wajib Waspada

Perlu diingat, berbeda dengan kejahatan yang terjadi di dunia nyata, kriminalitas di dunia maya lebih sulit untuk diprediksi. Karena itu, selalu berhati-hati dalam melakukan aktivitas apa pun di dunia digital.

Jangan sembarangan memberikan data pribadimu pada orang lain, bahkan pada orang yang Anda percayai sekalipun. Hal ini penting agar Anda terhindar dari penyalahgunaan data oleh pinjaman online yang tidak resmi.




 

Penutup

Demikian tentang aplikasi pinjaman online legal terpercaya yang telah diberikan. Tentunya melalui pembahasan ini bisa menambah pengetahuan Anda tentang pinjaman online.

Namun Anda harus tetap berhati-hati dan jangan salah memilih aplikasi pinjaman online legal.

Baca Juga : Syarat Domain ID Serta Kriteria Pemilihannya

x