6 jenis layanan hosting

6 Jenis Layanan Hosting Terbaik Yang Perlu Dikenali

Duniawebsite.com – Inilah 6 jenis layanan hosting terbaik, untuk membuat website pribadi, organisasi, company profile maupun untuk website komersial lainnya.

Ketika memiliki rencana untuk membuat website, tentu membutuhkan hosting dan nama domain terlebih dulu. Untuk hosting sendiri memiliki berbagai jenis layanan hosting yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

6 Jenis Layanan Hosting Terbaik

Berikut beberapa ulasan mengenai 6 jenis layanan hosting, diantaranya:

1. Shared Hosting 

Jenis hosting yang satu ini terbilang cukup terjangkau karena di dalam satu server bisa diisi dengan banyak website.

Dengan demikian resource hosting seperti CPU, RAM, dll bisa dibagi dengan pengguna lain. Penyedia hosting sendiri biasanya menyediakan jenis layanan yang satu ini.

Pengelolaannya sendiri full managed dari provider hosting sehingga tidak akan merepotkan pengguna. Ini akan sangat cocok bagi pemula dan website skala kecil.

2. Cloud Hosting 

Layanan hosting berikutnya yaitu Cloud Hosting. Ini merupakan teknologi terbaru dalam penyimpanan hosting di mana data dan file web disimpan pada server cloud yang berbeda.

Dengan demikian apabila salah satu server mengalami down, masih ada backup dari server cloud lainnya. 

Hal tersebut membuat website jauh lebih aman dari downtime sehingga tidak merugikan banyak pihak seperti pengunjung maupun pemilik web.

Selain itu, hosting ini juga masuk dalam kategori full managed dari provider hosting.

3. WordPress Hosting 

Layanan hosting yang satu ini diperuntukkan bagi pengguna WordPress. Seperti yang diketahui bahwa WordPress merupakan CMS dengan pengguna terbesar di dunia.

Jadi tidak heran jika kemudian banyak provider yang membuat dan menyediakan layanan ini. Apabila Anda berencana untuk membuat website dengan CMS website.

Maka bisa memilih hosting ini. Dan kelebihannya yaitu sudah dioptimasi untuk pengguna WordPress sehingga tidak perlu meragukan lagi terkait urusan speed.

4. Unlimited Hosting 

Macam layanan hosting yang satu ini menyediakan kapasitas penyimpanan yang besar sehingga sangat cocok bagi pengguna yang memerlukan ruang penyimpanan yang besar pula.

Dan hal tersebut karena tidak semua jenis hosting menyediakan layanan kapasitas penyimpanan secara tidak terbatas atau unlimited.

Bagi yang mencari unlimited hosting sebaiknya melihat dari jumlah inodes yang diberikan.

Inodes sendiri merupakan jumlah file yang bisa disimpan dalam servis hosting. Apabila sudah melebihi kapasitas maka tidak bisa upload file lagi.

Jika terjadi kondisi demikian, maka pengguna disarankan untuk melakukan upgrade layanan unlimited hosting paket di atasnya. Dengan demikian, file-file tersebut bisa disimpan dengan baik.

5. Manage Hosting 

Hosting ini merupakan salah satu layanan hosting yang pengelolaannya dipegang oleh provider hosting. Pengguna hanya perlu membayar.

Dan menggunakannya tanpa perlu memikirkan hal teknis yang berhubungan dengan hosting tersebut. 

Dari segi harga, hosting ini jauh lebih terjangkau karena satu server utama bisa digunakan oleh banyak orang.

Namun meskipun demikian, aksesnya terbatas sehingga pengguna tidak bisa melakukan setting atau install aplikasi pada server hosting.

6. Unmanaged Hosting

6 jenis layanan hosting

Server Hosting

Berbeda dengan sebelumnya, jenis jenis layanan hosting ini merupakan servis hosting di mana provider hanya menyediakan akun hosting atau servernya saja.

Oleh sebab itulah, ayanan ini sangat direkomendasikan bagi yang menguasai hal teknis mengenai server. 

Layanan ini tidak ada aturan dalam manage server karena semua milik pengguna namun sebanding dengan risiko apabila suatu saat terjadi error.

Hosting ini biasa ditemui pada layanan mulai dari VPS, Dedicated Server, dan masih banyak lagi. 

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai 6 jenis layanan hosting terbaik. Dan semoga bisa menjadi rekomendasi bagi yang ingin membuat website untuk berbagai kebutuhan.

Setiap layanan hosting tentu memiliki keunggulan dan kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan layanan yang terbaik.

Baca Juga : 4 Jenis Hosting Website

x