3 fungsi sistem penamaan domain

3 Fungsi Sistem Penamaan Domain

DUNIA WEBSITE3 Fungsi sistem penamaan domain merupakan bahasa Indonesia dari kata domain name system.

Merupakan sebuah program yang membantu semua orang ketika ingin mengakses suatu situs internet. Selain itu banyak juga banyak juga fungsi lain yang dimilikinya.

Jadi kali ini akan dijelaskan mengenai apa itu domain name system, apa saja fungsinya yang perlu pengguna ketahui.

Seperti yang dikatakan bahwa domain name system merupakan bahasa Inggris yang juga sering disebut dengan DNS. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini: 

Sekilas Tentang Sistem Penamaan Domain 

Agar lebih leluasa pembahasan nama sistem penamaan tersebut akan menggunakan kata persamaannya yakni domain name System yang disingkat menjadi DNS.

Yakni sistem tersebut merupakan sistem penamaan hirarkis yang diperuntukkan untuk komputer. Bukan hanya pada komputer saja, namun juga pada layanan internet.




 

DNS sendiri merupakan sebuah program yang dapat menerjemahkan huruf-huruf menjadi sebuah alamat ip agar dapat dibaca oleh komputer.

Sebab program komputer tidak bisa berjalan atau paha dengan huruf yang digunakan manusia. Oleh sebab DNS sangat penting untuk menerjemahkan ke dalam angka. 

Jadi jika sebelumnya bila ingin membuka suatu situs, maka diperlukan yang namanya alamat ip seperti saat akan membuka google maka perlu mengetikkan 8.8.8.8. Jika sudah maka akan langsung masuk ke situs Google. Begitu pun bila ingin masuk pada situs lain. 

Jika setiap ingin mengakses situs harus tahu alamat IP terlebih dahulu, maka tentu akan sangat merepotkan. Sebab ada yang namanya lupa, atau bahkan tidak tahu alamat ip tersebut. Sedang fungsi DNS adalah untuk memudahkan seperti sekarang ini.

 

Baca Juga : Second Level Domain Beserta Penjelasan Lainnya

Fungsi dari DNS 

Sistem penamaan domain atau yang kerap disebut DNS memiliki berbagai fungsi yang perlu pengguna ketahui. Meski sudah disebutkan secara gamblang di atas.

Namun masih ada rasa kurang puas. Berikut adalah beberapa fungsi dari DNS agar lebih leluasa dalam memahami.




 

1. Mengidentifikasi Komputer 

Salah satu fungsi yang dapat dimanfaatkan dari DNS adalah mampu mengidentifikasi komputer user. Jadi komputer akan diidentifikasi sebagai suatu titik yang ada dalam suatu jaringan yang terhubung. Seperti misalnya jaringan internet. 

Jaringan internet juga memiliki sebuah alamat, alamat tersebut yang juga kerap kali disebut dengan alamat IP. Jadi seperti misalnya akan mengakses suatu situs, nantinya DNS tersebut akan memberikan informasi alamat ip pada komputer. Sehingga komputer dapat mengenalinya.




 

2. Menghafal Semua Alamat IP 

Jika sebelumnya ketika ingin mengakses suatu situs harus menyertakan alamat Ip maka sekarang sudah tidak lagi. Sebab, domain ini akan dapat mengingat atau menyimpan Cache mengenai apa yang dipertanyakan user. Jadi pengguna tak perlu lagi menghafalkan alamat IP. 

Jadi domain ini nantinya akan memproses setiap kata yang digunakan user dalam mencari sesuatu menjadi sebuah alamat ip. Alamat ip tersebut nantinya akan digunakan oleh komputer dalam mencari data yang cocok. Ada beberapa tempat penyimpanan data yang akan dituju.

3. Memudahkan Komputer Dalam Mengakses Suatu Web 

Dikatakan komputer tidak dapat membaca alamat situs yang istilahnya menggunakan huruf dan hanya bisa mengakses alamat IP.

Dengan begitu jika tidak ada DNS maka pengguna harus menyertakan alamat IP saat akan mengunjungi suatu situs. Jadi DNS akan menerjemahkannya. 

Dengan adanya, DNS jadi komputer akan langsung tahu apa yang diinginkan oleh pengguna dalam mengakses internet tersebut. Sebab nama web yang disebut sudah diterjemahkan dalam alamat IP. Juga terdapat beberapa fungsi lain yang tidak disebutkan.




 

Kesimpulan

Berikut tadi adalah sekilas tentang pembahasan mengenai 3 fungsi dari sistem penamaan domain yang perlu diketahui.

Jika Anda masih bingung dengan penjelasan singkatnya maka bisa baca tentang bagaimana cara kerjanya domain dan sejenisnya di artikel sebelum ini.

Dengan begitu, pengguna pasti akan paham dan dapat menerapkan domain untuk membuat suatu situs website.

 

Baca Juga : 2 Cara Membuat Email Domain Sendiri Gratis

x